MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PKn PADA MATERI KEPUTUSAN BERSAMA DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN DEBAT AKTIF

Eka Kristanto

Abstract


Abstrak
Pada tingkat Sekolah Dasar, pembelajaran PKn memiliki peran yang penting bagi siswa. PKn menjadi titik awal siswa mempelajari nilai-nilai panutan hidup berbangsa dan bernegara secara lebih terperinci untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari dan dapat menjadi alat pemersatu Indonesia, maka diperlukan sebuah pemahaman konsep dari sebuah nilai-nilai panutan hidup berbangsa dan bernegara. Pemahaman mengenai PKn dalam kehidupan modern saat ini sangat diperlukan bagi seorang siswa. Untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa diperlukan sebuah strategi pembelajaran yang tepat. Dengan menggunakan strategi pembelajaran Debat Aktif dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa dan sekaligus dapat meningkatkan hubungan sosial, menumbuhkan sikap toleransi dan menghargai dalam berpendapat, melalui bekerja dalam kelompok-kelompok kecil menjadikan siswa berpikir kritis dalam memecahkan masalah, maka materi pembelajaran dapat tersampaikan sesuai dengan harapan. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman konsep mata pelajaran PKn. Penelitian dilaksanakan menggunakan model siklus dari Kemmis dan Mc. Tagart. Dilaksanakan dengan tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi/evaluasi sebagai dasar perencanaan ulang pada siklus berikutnya. Pada siklus I, tes pemahaman konsep sebesar 44,82% sehingga belum mencapai target yang ditargetkan sebesar 80%. Pada siklus II mencapai 82,76%.. Instrumen pemantauan tindakan guru pada siklus I yaitu 50% meningkat pada siklus II menjadi 90%. Instrumen pemantauan tindakan siswa pada siklus I yaitu 50% mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 90%.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP