FIELDSTUDY DALAM PEMBENTUKAN KOMPETENSI SOSIAL CALON GURU GEOGRAFI

Aris Munandar, Enok Maryani, Dede Rohmat, Mamat Ruhimat

Abstract


 

Tujuan dari penelitian ini untuk mengukur pembentukan kompetensi sosial dalam kegiatan fieldstudy. Penelitian dilakukan terhadap mahasiswa yang melakukan fieldstudy dengan nama PKL (Praktek Kuliah Lapangan) di UNJ dan KKL (Kuliah Kerja Lapangan) di UPI. Jumlah sampel 120 dari 580 peserta dengan kuota sampel dengan masing-masing 20 mahasiswa dari 6 kelompok. Pengukuran kompetensi sosial dengan meggunakan instrument  skala likert. Kompetensi sosial dari guru profesional dengan teknik penilaian teman sejawat. Fieldstudy dengan teknik observasi dilakukan penilaian sikap, kinerja peralatan, kinerja presentasi, proyek dan portofolio. Analisa dengan menggunakan  regresi ganda Hasil perhitungan menunjukan adanya hubungan penggunaan penilaian kinerja alat/kusioner  terhadap pembentukan kompetensi sosial. Komunikasi terbentuk  antar peserta dalam kelompok dan pembimbing juga dengan masyarakat. Kompetensi sosial berkomunikasi dengan masyarakat diperoleh dari kegiatan pengumpulan data lapangan. Pengumpulan data keinstasi pemerintah/narasumber/tokoh masyarakat membutuhkan komunikasi yang efektif.

 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP