PENGEMBANGAN PERANGKAT BLENDED LEARNING BERBASIS LEARNING MANAGEMENT SYSTEM (LMS) DENGAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI PADA MATERI LISTRIK STATIS

Ignatius Alexandro, Nengah Maharta, Wayan Suana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat blended learning berbasis LMS dengan model pembelajaran inkuiri pada materi listrik statis yang valid berdasarkan hasil penilaian para ahli dan guru. Penelitian ini dilakukan dengan prosedur pengembangan Gall et al. (2003), dengan tahapan studi pendahuluan, perancangan produk, dan pengembangan produk. Pada tahap studi pendahuluan dilakukan pengkajian pustaka dan analisis kebutuhan. Analisis kebutuhan dilakukan dengan angket yang diberikan kepada siswa kelas XII IPA 1 SMA Yadika Bandar Lampung dan wawancara kepada salah satu guru di SMA tersebut. Pada tahap perancangan produk, produk dirancang berdasarkan hasil dari studi pendahuluan. Lalu pada tahap pengembangan produk, produk dikenakan uji validasi oleh ahli dan praktisi. Subjek uji validasi ialah 2 orang ahli pendidikan fisika dan 3 guru fisika SMA di Lampung. Hasil penilaian menunjukkan bahwa validitas produk dari kedua ahli ialah sebesar 90,8% dan 86,6% dengan kategori sangat valid. Adapun skor rata-rata dari penilaian ketiga guru ialah sebesar 88 dengan kategori sangat baik. Dengan demikian, perangkat yang dikembangkan teruji sangat valid. 


Full Text:

PDF

References


Chiu, J. L., Dejaegher, C. J., & Chao, J. 2015. The Effects of Augmented Virtual Science Laboratories on Middle School Students’ Understanding of Gas Properties. Computers dan Education, 85, 59-73.

De Jong, T., Linn, M. C., & Zacharia, Z. C. 2013. Physical and Virtual Laboratories in Science and Engineering Education. Science, 340, 305-308.

Fadlillah. 2014. Implementasi Kurikulum 2013 Dalam Pembelajaran SD/MI. SMP/MTS, dan SMA/MA. Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA.

Galan, D., Heradio, R., de la Torre, L., Dormido, S., & Esquembre. 2017. The Experiment Editor: Supporting Inquiry-Based Learning with Virtual Labs. European Journal of Physics.

Gall, M. D., Gall, J.P. & Borg, W.R. (2003). Educational Research an Introduction, Seventh Edition. Boston: Pearson Education, Inc.

Jaakkola, T., Nurmi, S., Veermans, K. 2011. A Comparison of Students’ Conceptual Understanding of Electric Circuits in Simulation Only and Simulation-Laboratory Contexts. Journal of Research in Science Teaching, 48(1), 71-93.

Justice, C., Rice, J., Roy, D., Hudspith, B., & Jenkins, H. (2009). Inquiry-Based Learning in Higher Education: Administrators’ Perspectives on Integrating Inquiry Pedagogy into the Curriculum. Higheer Education, 58(6), 841-855.

Kollöffel, B., & Jong, T. (2013). Conceptual understanding of electrical circuits in secondary vocational engineering education: Combining traditional instruction with inquiry learning in a virtual lab. Journal of engineering education, 102(3), 375-393.

Levy, D. (2013). How dynamic visualization technology can support molecular reasoning. Journal of Science Education and Technology, 22(5), 702-717.

Longo, C. M. (2016). Changing the Instructional Model: Utilizing Blended learning as a Tool of Inquiry Instruction in Middle School Science. Middle School Journal, 47(3), 33-40.

Maharta, N. (2010). Analisis Miskonsepsi Fisika Siswa SMA di Bandar Lampung. [Online] https://id.scribd.com/doc/41470237/Jurnal-Analisis-Miskonsepsi-Fisika. Diakses 20 Oktober 2016.

Maharta, N., Suana, W., & Nyeneng, I D. P. 2016. Pengembangan Program Blended Learning Berbasis Inkuiri dengan Learning Management System pada Materi Kelistrikan SMA. Proposal Penelitian Produk Terapan (Tidak Dipublikasikan). Universitas Lampung.

O’Dwyer, L. M., Carey, R., & Kleiman. G. (2007). A Study of the Effectiveness of the Louisiana Algebra I Online Course. Journal of Research on Technology in Education, 39(3), 289-306.

NSTA. (2007). NSTA position statement: the use of computers in science education.

Permana, N. A., Arif, W., & Taufiq, M. (2016). Pengaruh Virtual Laboratory Berbasis Flash Animation Terhadap Pemahaman Konsep dan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Tema Optik Kelas VIII SMP. Unnes Science Education Journal, 5(3), 1346-1358.

Pyatt, K., & Sims, R. (2012). Virtual and physical experimentation in inquiry-based science labs: Attitudes, performance and access. Journal of Science Education and Technology, 21(1), 133-147.

Sari, E., Syamsurizal, & Asrial. 2016. Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Berbasis Karakter Pada Mata Pelajaran Kimia SMA. Edu-Sains, 5(2).

Skamp, K. (2012). Teaching Primary Science Constructively (4th ed.). Melbourne: Cengage.

Stone, D. C. (2007). Teaching chormatography using virtual laboratory exercises. Journal of Chemical Education, 84(9), 133-147.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantutatif, Kualitatif dan RND. Bandung: Alfabeta.

Suyanto, Eko & Sartinem. 2009. Pengembangan Contoh Lembar Kerja Fisika Siswa dengan Latar Penuntasan Bekal Awal Ajar Tugas Studi Pustaka dan Keterampilan Proses untuk SMA Negeri 3 Bandar Lampung. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan 2009. Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana.

Widyoko, S. E. P. 2009. Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Yana, A. S. (2014). Pengembangan Handout Berbasis Model Sains Teknologi Masyarakat pada Materi Wujud Zat dan Perubahan Zat untuk Pembelajaran IPA Fisika SMP Kelas VII Semester 1. Pillar of Physics Education, 3(1).

Zacharia, Z. (2007). Comparing and combining real and virtual experimentation: an effort to enhance students’s conceptual understanding of electric circuits. Journal of Computer Assisted Learnin, 23(2), 120-132.

Zacharia, Z. C., & Constantinou, C. P. 2008. Comparing the Influence of Physical and Virtual Manipulatives in the Context of the Physics by Inquiry Curriculum : The Case of Undergraduate Students’ Conceptual Understanding of Heat and Temperature. American Journal of Physics, 76(4dan5), 425-430.

Zhang, Z. H., & Linn, M. C. (2011). Can generating representations enhance learning with dynamic visualizations?. Journal of Research in Science Teaching, 48(10), 1177-1198.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP UNTIRTA