: Pedoman Penulisan

PETUNJUK PENULISAN

VANOS Journal of Mechanical Engineering Education

 

                VANOS Journal of Mechanical Engineering Education mempublikasikan naskah hasil penelitian dibidang Pendidikan Teknik Mesin dan Otomotif baik guru, dosen, praktisi dan peneliti terkait. Naskah yang diterbitkan merupakan naskah asli yang belum pernah diterbitkan baik di dalam maupun di luar negeri. Naskah ditulis dalam bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris dan dikirim email ke vanos@untirta.ac.id, atau diserahkan langsung ke sekretariat VANOS Journal of Mechanical Engineering Education.

Petunjuk untuk penulis

  1. Naskah yang dikirim ke VANOS merupakan naskah asli hasil penelitian bidang teknik mesin dan otomotif yang belum pernah dipublikasikan di jurnal manapun baik nasional maupun internasional dan/atau tidak sedang diusulkan untuk dimuat di prosiding maupun jurnal lain.
  2. Naskah bukan merupakan hasil plagiarisme karya orang lain dibuktikan dengan surat pernyataan orisinalitas karya.
  3. Naskah diketik dalam bahasa Indonesia atau bahasa Inggris dengan program Microsoft Word dengan tipe file doc, docx, atau rtf, huruf cambria, ukuran 11 pts, spasi 1,5 dengan format paper A4 dan panjang 10-12 halaman.
  4. Teks mematuhi persyaratan gaya selingkung dan daftar pustaka sesuai template pedoman penulisan VANOS Journal of Mechanical Engineering Education yang telah disediakan.
  5. Naskah ditelaah secara blind review oleh reviewers (mitra bestari) yang telah ditunjuk sesuai dengan bidang kepakarannya. Penulis artikel diberi kesempatan untuk memperbaiki (revisi) naskah atas dasar rekomendasi/saran dari reviewers atau penyunting. Kepastian pemuatan atau penolakan naskah akan diberitahukan secara tertulis maupun email.

 

Sistematika Artikel

  1. Judul harus singkat dan mampu mencerminkan dari isi pokok tulisan (maksimum 12 kata jika ditulis dalam bahasa Indonesia dan maksimum 10 kata jika ditulis dalam bahasa inggris), spesifik, dan efektif.  Judul dicetak dengan huruf kapital di tengah-tengah, dengan cambria 12.
  2. Nama Penulis dicantumkan tanpa gelar akademik, disertai nama dan afiliasi lembaga (nama lembaga, alamat, kode pos, nama negara), dan alamat korespondensi atau e-mail. Nama penulis ditempatkan di bawah judul artikel dengan cambria 11 cetak tebal. Keterangan afiliasi penulis menggunakan nomor tanpa tanda kurung dan superscript. Contoh: (Deni Ramdani1 & Nurtanto2)
  3. Abstrak ditulis dalam bahasa Inggris dan bahasa Indonesia dengan panjang maksimal 200 kata yang berisi isu-isu pokok, tujuan penelitian, metode dan hasil penelitian yang ditulis secara ringkas, jelas, utuh mandiri, dan lengkap menggambarkan esensi keseluruhan tulisan. Jumlah kata kunci 3-5 kata atau gabungan kata.
  4. Kata Kunci mencerminkan konsep yang dikandung artikel terkait, lugas, dan informatif.
  5. Pendahuluan berisi latar belakang permasalahan, konteks penelitian, hasil kajian pustaka, dan tujuan penelitian. Seluruh bagian pendahuluan dipaparkan secara terintegrasi dalam bentuk paragraf-paragraf.
  6. Metode penelitian menjelaskan rancangan bentuk dan metode penelitian, tempat, teknik pengumpulan data, definisi operasional variabel penelitian, dan teknik analisis data.
  7. Hasil dan Pembahasan berisi uraian secara rinci seluruh hasil penelitian beserta analisisnya. Hasil penelitian dapat dilengkapi dengan tabel, grafik, gambar dan/atau bagan. Pembahasan berisi pemaknaan hasil dan pembandingan dengan teori dan/atau hasil penelitian sejenis.
  8. Kesimpulan berisi rangkuman singkat atau intisari hasil penelitian yang berupa temuan penelitian yang berupa jawaban atas pertanyaan penelitian. Pada bagian kesimpulan juga harus dikemukakan implikasi hasil penelitian bagi pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Kesimpulan disajikan dalam bentuk paragraf.
  9. Daftar Pustaka menggunakan sistem Harvard Referencing Standard memuat sumber-sumber yang dirujuk di dalam naskah. Sumber rujukan yang digunakan 80% berupa sumber-sumber primer seperti jurnal ilmiah atau laporan hasil penelitian dan merupakan pustakan terbitan 10 tahun terakhir.

 

Download Template