PENINGKATAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR DENGAN METODE PROBLEM BASED LEARNING PADA PEMBELAJARAN GAMBAR TEKNIK MELALUI PEMBELAJARAN TERBIMBING

Muhammad Nurtanto

Abstract


Motivasi dan prestasi dalam belajar merupakan dua aspek yang saling berhubungan, dimana peningkatan prestasi disebabkan motivasi belajar yang tinggi. Penelitian ini merupakan PTK yang bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar mahasiswa PTM kompetensi interpretasi gambar teknik pada bidang otomotif melalui penerapan metode Problem Based Learning (PBL). Kegiatan pembelajaran dilaksanakan dalam dua siklus yang terdiri dari empat tahap dalam setiap siklusnya yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi, angket dan tes unjuk kerja. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode PBL  mampu meningkatkan motivasi belajar dengan kriteria (a) tekun dalam tugas, (b) ulet dalam kesulitan, (c) minat dalam permasalahan, (d) senang bekerja mandiri, (e) mengerjakan tugas dengan rutin, (f) mempertahankan pendapat, dan (g) senang mencari dan memecahkan masalah, adapun peningkatan motivasi belajar sebesar 10.33%. Metode PBL dapat meningkatkan prestasi unjuk kerja sebesar 9.58%. Selain itu PBL menjadikan peran instruktur sebagai fasilitator dan menjadikan mahasiswa lebih aktif dalam pembelajaran.


Keywords


motivasi belajar, prestasi belajar, problem based learning, gambar teknik

Full Text:

PDF

References


Andik Herlambang dan Aris Ansori. (2016). Problem Based Learning Melalui Pendekatan Keterampilan Proses Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kompetensi Memperbaiki Sistem Pengapian. JPTM, Vol. 04., No.02.

Aci Primartadi. (2012). Pengaruh Metode Student Team Achivment Division (Stand) dan Problem Based Learning (PBL) Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Ditinjau dari Potensi Akademik Siswa SMK Otomotif. Tesis Magister, Tidak diterbitkan, Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.

Bhargava, A.& Pathy, M. (2011). Perseption of student teachers about teaching competencies. Journal of Contemporary Research 1 (1), 77.

Burhanudin Mey Setya Nugraha dan M. Burhan Rubai Wijaya. (2016). Penerapan Metode Problem Based Learning Berbantuan Education Games Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X TKR Materi Hand Tools dan Power Tools. VANOS Journal of Mechanical Engineering Education, Vol. 01., No. 1.

Dianna Ratnawati. (2016). Hubungan Prestasi Belajar, Persepsi Dunia Kerja, dan Jiwa Kewirausahaan Dengan Kesiapan Kerja Mahasiswa PTM. VANOS Journal of Mechanical Engineering Education, Vol. 01., No. 1.

Didik Nurhadiyanto dan Wagiran. (2007). Problem-Based Learning Alternatif Solusi dalam Menyiapkan SDM Holistik di SMK. Seminar Nasional Telisik Hambatan Pelaksanaan SMK dan Solusinya. Jurusan Pendidikan Teknik Mesin UNNES.

Dimyati & Mudjiono. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Endang Mulyatiningsih. (2010). Pembelajaran Aktif, Kreatif, Inovatif, Efektif dan Menyenangkan (PAIKEM). Makalah disajikan dalam Diklat Peningkatan Kompetensi Pengawas dalam Rangka Penjamin Mutu Pendidikan, di P4TK Bisnis & Pariwisata.

Fatkhurohman. (2016). Meningkatkan Kemandirian Belajar dan Prestasi Belajar Kompetensi Motor Stater dengan Metode Problem Based Learning kelas XI TKR A SMK Ma’arif 4 Kebumen Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif_Universitas Muhammadiyah Purworejo,Vol. 07, No. 01.

Fogarty, R. (1997). Problem learning & other curiculum models for the multiple intelligences clasroom. SkyLight: Pearson.

Hamzah B. Uno. (2009). Teori Motivasi & Pengukurannya. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Hary Hardiyan. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Gabungan antara Problem Based Learning (PBL) dan Think-Share (TPS) dalam Rangka Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Kelistrikan Otomotif Siswa Kelas XI Jurusan Teknik Kendaraan Ringan (TKR) di SMK N 2 Yogyakarta. Skripsi. Fakultas Teknik UNY.

Heru Raharjo. (2005). Penerapan Metode Pembelajaran PBL untuk Meningkatkan Motivasi Belajar pada Mata Kuliah Pneumatic Hidrolik Mahasiswa FT UNY. Skripsi, Fakultas Teknik UNY.

Heru Raharjo. (2014). Pengaruh Metode Pembelajaran PBL dan Direct Teaching Terhadap Hasil Belajar Kompetensi Menggunakan Alat Ukur Siswa Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan Ditinjau dari Motivasi & Kreativitas Siswa. E-Jurnal Autotech-Pendidikan Teknik Otomotif. Di unduh pada http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php /autotext/ article/view/1309

Iskandar. (2009). Psikologi Pendidikan: Sebuah Orientasi Baru. Ciputat: Gaung Persada Press.

Kemmis, S. & McTaggart, R. (1988). The action research planner. Victoria; Deakin University Press.

Kunandar. (2012). Langkah Mudah Penelitiann Tindakan Kelas sebagai pengembangan Profesi Guru. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Leighbody, G. B., & Kidd, D. M. (1968). Methods Of Teaching Shop and Technical Subject. New York: Delmar Publishers.

Luki Zakariya. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbantu Media Peraga untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Siswa AC. Skripsi. Fakultas Teknik UNY.

McTaggart, R. (1991). Action Research A Short Modern History. Victoria: Deakin University Press.

Muchlish Siddiq dan Arif Susanto. (2016). Meningkatkan Hasil Belajar Praktik Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Pada Standar Kompetensi Sistem Pengisian Di Kelas XI Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan SMK N 1 Nganjuk. Jurnal Pendidikan Otomotif_Universitas Muhammadiyah Purworejo, Vol. 07. No. 02.

Muhammad Nurtanto. (2015). Implementasi Pembelajaran Berbasis Problem-Based Learning Kompetensi Dasar Sistem Pengapian Konvensional Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif, Psikomotor, dan Afektif Siswa SMK Ma’arif Salam. Tesis. Pascasarjana UNY.

Muhammad Nurtanto & Herminarto Sofyan. (2015). Implemetasi Problem-based Learning untuk meningkatkan hasil belajar kognitif, psikomotor, dan afektif Siswa di SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi. Vol. 5, Nomor 3. November 2015.

Muhammad Nurtanto dan Moh Fawaid. (2016). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Psikomotor Dengan Metode Problem Based Learning. Jurnal Penelitian LPPM (Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat) IKIP PGRI MADIUN, Vol. 04., No. 02.

Mulyasa. (2007). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan: Suatu Panduan Praktis. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nurcholish Arifin H. (2015). Perbedaan Pengaruh Metofe Inquiry Learning dan Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Perbaikan Kelistrikan Kendaraan Ringan (PKKR) Ditinjau dari Motivasi Belajar Peserta DIdik XII TKR di SMK Negeri 1 Sayegan. Tesis, Fakultas Pasca Sarjana UNY.

Novita Carolina, Muchlas Samani, dan Mochamad Cholik. (2014). Pengembangan Modul Memelihara Transmisi Berbasis PBL untuk Meningkatkan Kemampuan Analisis Siswa Kelas X PROKLI TKR SMK N 2 Tarakan. Jurnal Pendidikan Vokasi: Teori dan Praktek. Vol. 2., No.2.

Rizky Kusuma Putra Wibawa. (2015). Penerapan Metode Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa Kelas XI pada Mata Pelajaran Menggambar Teknik Mesin di SMK PIRI Sleman. Skripsi. Fakultas Teknik UNY.

Oemar, Hamalik. (2001). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Salamah. (2006). Penelitian Teknologi Pembelajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem, Jurnal Pendidikan, Vol 12., No. 02.

Samsiah Mat., et al. (2012). Model of Problem-Based Learning Using Systems Approach. Procedia-Social and Behavioral Sciences 60, 541-545.

Santrock, J. W. (2011). Educational Psychology. (5 th ed.). New York: McGrawHill.

Sardiman, A.M. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar-Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Savery, J. R., & Duffy, T. M. (2001). Problem Base Learning: An Instructional Model And Its Constructivist Framework. Bloomington: Indiana University.

Sharma, S. (2012). Constructivsm: A new paradigm in education. Edusearch, Vol. 3. No. 2. 0976-1160.

Slavin, E. R. (2011). Psikologi Pendidikan: Teori dan Praktik Edisi Kesembilan Jilid 2. (Terjemahan Marianto Samosir). New Jersey: Pearson Education Inc. (Buku asli diterbitkan tahun 2009)

Sugihartono, dkk. (2007). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Suprihatiningrum. (2013). Strategi Pembelajaran Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Tan, Oon-Seng. (2004). Enhancing thinking through problem-based learning approaches: international perspectives. Singapore: (a division of).

Wakhinuddin S. (2014). Pengembangan Bahan Ajar dan Penilaian Portofolio Berorientasi Pembelajaran Berbasis Masalah pada Mata Pelajaran Final Drive di Kelas XI SMK N 1 Sumatera Barat, Padang. Prosiding Konversi Nasional Asosiasi Pendidikan Teknologi dan Kejuruan (APTEKINDO) ke 7 FPTK Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung.

Wardaya. (2009). Pembelajaran Berbasis Pemecahan Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Siswa Teknik Mekanik Otomotif SMKN 2 Wonosari. Tesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

Widodo dan Widayanti. (2013). Peningkatan Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar Siswa Dengan Metode Problem Based Learning Pada Siswa Kelas VIIa MTS Negeri Donomulyo Kulon Progo Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Fisika Indonesia, 49 (XVII), 1410-1994.

Woolfolk, A. (2007). Educational Psychology. Boston: Pearson.

Zaenal Arifin. (2009). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/vanos.v1i2.1021

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License