PERANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SISTEM KELISTRIKAN LUAR MOBIL

Moh Fawaid, Soffan Nurhaji, Muhammad Nurtanto, Sulaeman Deni Ramdani

Abstract


Tujuan perancangan panel peraga kelistrikan luar mobil ini adalah  untuk  meningkatkan kompetensi berfikir  kritis mahasiswa. Media pembelajaran yang telah dirancang selanjutnya dilakukan pengujian untuk didapatkan validasi sesuai dengan karakteristik media meliputi aspek: kriteria pendidikan, tampilan program, dan kualitas teknis. Validasi ini di bagi menjadi dua bagian yaitu validasi ahli dan validasi pengguna. Validasi ahli terdiri dari validasi oleh ahli media yang dilakukan oleh dosen di bidang pendidikan kejuruan. Analisis terhadap pakar ahli media dengan kriteria tampilan program dan kualitas teknis memiliki rerata “baik”, secara  tampilan dan kualitas teknis sudah baik. Setelah dilakukan revisi, maka selanjutnya analisis isi materi dengan kriteria pendidikan, tampilan program, dan kualitas teknis sesuai dengan kebutuhan uji. Pada bidang materi hasil rerata yang didapatkan “Sangat Baik”. Hasil uji pengguna diperoleh hasil “Sangat Baik” dilihat dari segi pendidikan, tampilan program, dan kualitas teknis. Pernyataan tersebut diperkuat dengan sikap dan tanggapan mahasiswa yang dapat disimpulkan bahwa media ini dapat dniyatakan “Sangat Baik”. Hal tersebut menunjukkan bahwa siswa sangat tertarik dengan media yang bersifat baru dan menyenangkan, serta dapat memotivasi belajar mahasiswa. 


Keywords


kelistrikan, media pembelajaran, panel, mobil

Full Text:

PDF

References


Arisno, Tio. 2011. Penggunaan panel peraga dan wiring diagram sistem penerangan mobil terhadap hasil belajar kelistrikan otomotif mahasiswa teknik otomotif. Semarang: UNNES

Character Education: Creating A Framework for Excellence. Diambil pada tanggal 6 April 2016 dari www.urbanext.illinois.edu.

Depdiknas. (2003). Pedoman pengembangan standar kompetensi nasional.

Elkind, D.H., & and Freddy Sweet, F. (2004) How to Do Character Education . Diambil pada tanggal 6 April 2016 dari www.goodcharacter.com.

Kay, K. (2008) “Preparing Every Child for the 21st Century”. APEC EdNet – Xi’an Symposium Xi’an China, January 17.

Kemdiknas (2010). Sambutan Menteri Pendiidkan Nasional pada Peringatan Hari Pendidikan Nasional tahun 2010. Jakarta: Kemendiknas. Diambil pada tanggal 6 April 2016 dari www.kemdiknas.go.id.

Riyana, Susilana Rudi. (2008). Media Pembelajaran Hakikat, Pengembangan, Pemanfaatan, dan Penilaian. Bandung : CV Wacana Prima.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.