UPAYA MENINGKATKAN HASIL PRAKTIK PADA MATA PELAJARAN PEMESINAN MELALUI PENGGUNAAN WORK PREPARATION SHEET SISWA KELAS XI TPM 1 SMK PANCASILA SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Armansyah Armansyah, Herman Saputro, Ngatau Rohman

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar praktik pada mata pelajaran praktik pemesinan siswa kelas XI TPM 1 SMK Pancasila Surakarta tahun pelajaran 2016/2017. Upaya yang dilakukan adalah dengan menerapkan penggunaan Work Preparation Sheet oleh siswa. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dengan setiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu: (1) Perencanaan; (2) Pelaksanaan Tindakan (3) Penilaian; dan (4) Refleksi. Subjek dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas TPM 1 SMK Pancasila Surakarta tahun pelajaran 2016/2017 sebanyak 27 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dengan kolaborasi antara guru, peneliti, observer, dan partisipasi siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, wawancara, tes. Validitas instrument dengan menggunakan validitas expert judgement. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif komperatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan penggunaan work preparation sheet dapat meningkatkan hasil praktik mesin bubut. Pada siklus I persentase ketercapaian hasil pengamatan praktik pemesinan 59,25% dengan nilai rata-rata hasil pengamatan praktik siswa sebesar 76,62 meningkat sebesar 81,48% dengan nilai rata-rata 82,37 pada siklus II. Sedangkan hasil evaluasi praktik pemesinan dengan persentase 62,96% dengan nilai rata-rata hasil evaluasi praktik siswa sebesar 73,51 meningkat sebesar 85,18% dengan nilai rata-rata 78,8 pada siklus II.


Keywords


Penelitian Tindakan Kelas, Hasil Belajar Praktik, Work Preparation Sheet

Full Text:

PDF

References


Uno, H.B. (2014). Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Eektif, Jakarta: Bumi Aksara.

DeGarmo, P.E. (2003). Materials and Processes in Manufacturing. New York: John Willey & Sons, Inc.

Leighbody, G.B. and Kidd, D.M. (1968). Methods of teaching shop and technical subyects. New York: Delmar publishers.

Peraturan Pemerintah No 29 Tahun 1990 Tentang Pendidikan Menengah

Peraturan Pemerintah No 20 Tahun 2003 Tentang Pendidikan Menengah.

Reni, A.H. (2004). Akselerasi A-Z informasi Program Percepatan Belajar dan Anak Berbakat Intelektual. Jakarta: PT Grasindo.

Supriyono (2008). Penggunaan Work Preparation Sheet Sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Siswa Tingkat III Pada Pelaksanaan Uji Kompetensi Praktik Membubut dan Mengefrais Program Keahlian Teknik Pemesinan Bidang Keahlian Teknik Mesin SMK Negeri 2 Wonosari Gunung Kidul Yogyakarta.

Suwachid & Sutrisno, (2009). Pengem-bangan Perangkat Pembelajaran Di Kelas, Surakarta: PPG FKIP UNS Surakarta.

Sudjana, N. (2009). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar: Bandung : PT REMAJA ROSDAKARYA

Thobroni, M. (2016). Belajar & Pembelajaran Teori dan Praktik, Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.