PENGARUH PENAMBAHAN BIODIESEL PADA BAHAN BAKAR SOLAR DAN PENERAPAN PIPA BERSIRIP RADIAL DI DALAM UPPER TANK RADIATOR TERHADAP KONSUMSI BAHAN BAKAR PADA UJI JALAN MOBIL ISUZU PANTHER

Irvan Maulana, Danar Susilo Wijayanto, Husin Bugis

Abstract


Persediaan minyak dunia mulai menipis sedangkan permintaan bahan bakar meningkat sesuai dengan kebutuhan. Hal tersebut memerlukan upaya untuk meningkatkan efisiensi penggunaan bahan bakar. Biodiesel yang berasal dari minyak "jelantah" merupakan salah satu alternatif bahan bakar yang ramah lingkungan. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Objek penelitian menggunakan mesin diesel Isuzu Panther 4JA1. Bahan bakar yang digunakan dalam penelitian adalah campuran biodiesel 0%, 5%, 10%, 15%, 20%, 25%, 30%. Pipa bersirip yang digunakan berbentuk radial dengan variasi jarak 10mm, 20mm, 30mm. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penambahan biodiesel pada bahan bakar solar dan pemanasan bahan bakar dengan menggunakan pipa bersirip radial di dalam upper tank radiator terhadap konsumsi bahan bakar (uji jalan sesuai SNI 7554:2010). Analisis data menggunakan diskriptif komparatif dengan memvariasikan bahan bakar pada jarak antar sirip upper tank radiator. Hasil penelitian menunjukkan konsumsi bahan bakar yang telah dicampur minyak jelantah" dan pemanasan pipa bersirip radial berpengaruh terhadap konsumsi bahan bakar. Konsumsi paling hemat diperoleh pada campuran biodiesel 20% sebesar 211,7 ml/km. Pada jarak sirip 30 mm sebesar 211,7 ml/km. Penggunaan biodiesel pada bahan bakar solar dan pemanasan pipa bersirip radial ditujukkan dengan konsumsi pada campuran 20% dan jarak sirip 30 mm sebesar 211,7 ml/km hemat 152,7 ml atau 50%.


Keywords


biodiesel, konsumsi bahan bakar, pemanasan bahan bakar, pipa bersirip radial

Full Text:

PDF

References


Anonim. (1996). New Step I. Jakarta : PT. Toyota Astra Motor.

Anonim.(1997). Mekanisme Mesin Diesel & Bensin. Jakarta: Isuzu Training Center.

Anonim.(1990). Toyota 2L-T,3L Repair Manual Supplement. Jakarta: Toyota Training Center.

Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi. 2016. Pengembangan Energi untuk Mendukung Industri Hijau.Outlook Energi Indonesia 2016. Jakarta

Badan Pusat Statistik (2015) Statistik Transportasi DKI Jakarta 2015. Jakarta. BPS Provinsi Jakarta.

Chumaidi, A., (2008), Proses Biodiesel dari Minyak Jarak Pagar (Jatropha Curcas Oil) dalam Reactor Semi Batch Berpengaduk, Jurnal Teknologi Separasi.

Gaikindo Domestic Auto Production By Category Jan-Nov. (2016). Diperoleh pada 31 Januari 2017, dari www.gaikindo.or.id

Wijaya Y. dkk (2016) Pengaruh Penambahan Biodiesel pada Bahan Bakar Solar dan Pemanasan Bahan Bakar Melalui Pipa Bersirip Radial di dalam Upper Tank Radiator terhadap Torsi dan Daya pada Mobil Mitsubishi L300, Skripsi, Universitas Sebelas Maret.

Wijayanto, D.S. et.al. (2016). Preliminary Experiment on fuel Consumption and Emission Reduction in SI Engine Using Blended Bioethanol-Gasoline and Radiator Tube-Heater. International Journal of Sustainable Engineering, 2016.

Wijayanto, D.S. et.al. (2016). Pengaruh Pemanasan Bahan Bakar Melalui Pipa Bersirip Transversal Pada Upper Tank Radiator dan Penambahan Etanol Terhadap Emisi Gas Buang Pada Toyota Kijang. Jurnal Pendidikan dan Teknik Kejuruan.2014.




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/vanos.v2i1.1971

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License