Pengaruh Optimalisasi Rute terhadap Kelayakan Finansial Angkutan Umum
Abstract
Bus sekolah maupun transportasi umum lainnya termasuk ke dalam barang publik yang harus dapat dinikmati oleh semua kalangan masyarakat dengan nyaman. Meskipun demikian, dalam penyediaan barang publik tentu harus juga memperhatikan aspek kelayakan finansial agar beban biaya bagi penyelenggara proyek dapat diminimalisir dengan adanya analisis kelayakan finansial yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh dari adanya perubahan rute terhadap kelayakan finansial. Objek dalam penelitian ini adalah program Bus Sekolah Kota Bandung yang sudah berjalan sejak tahun 2015 akan tetapi dari penelitian sebelumnya ditemukan fakta bahwa pemanfaatannya masih belum optimal. Sehingga perlu adanya upaya optimalisasi rute dalam meningkatkan efektifitas dan efisiensinya serta perlu diukur sejauh mana proyek tersebut layak secara finansial. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini terdiri atas analisis pemodelan rute menggunakan aplikasi berbasis SIG, analisis biaya operasional kelayakan, dan analisis net present value untuk menghitung kelayakan finansialnya. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa perubahan rute memiliki dampak yang besar terhadap perubahan biaya yang dihasilkan oleh satu unit armada bus sekolah. Perubahan biaya tersebut berupa peningkatan biaya dari rute eksisting sehingga jika dilihat secara finansial, maka rute hasil pemodelan tidak layak karena memberikan beban biaya yang lebih besar dibandingkan rute eksisting.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Cornes, R., & Sandler, T. (1996). The Theory of Externalities, Public Goods and Club Goods (2nd ed.). Cambridge University Press. https://doi.org/10.1017/CBO9781139174312
Deyas, G. T., & Woldeamanuel, M. G. (2020). Social and economic impacts of public transportation on adjacent communities: The case of the Addis Ababa light rail transit. Research in Transportation Economics, 84. https://doi.org/10.1016/j.retrec.2020.100970
Elkhasnet, E., & Al Rasyid, M. F. (2020). Analisis Biaya Operasional Kendaraan (BOK) Angkutan Kota Trayek Cimahi – Leuwipanjang Bandung. RekaRacana: Jurnal Teknik Sipil, 6(1). https://doi.org/10.26760/rekaracana.v6i1.33
Ellegood, W. A., Solomon, S., North, J., & Campbell, J. F. (2019). School bus routing problem: Contemporary trends and research directions. Dalam Omega (United Kingdom). Elsevier Ltd. https://doi.org/10.1016/j.omega.2019.03.014
Haryati, N. (2020). Analisa Biaya Operasional Kendaraan Akibat Pemakaian Badan Jalan Yang Bersifat Pribadi (Studi Kasus : Penutupan Jl. Wakaaka Dengan Pemilihan Rute Melalui Jl. Hayam Wuruk, Kota Baubau). Jurnal Media Inovasi Teknik Sipil Unidayan, 9(2), 113–123. https://doi.org/10.55340/jmi.v9i2.661
Lestari, A. T., Hasanudin, A., & Kriswardhana, W. (2018). Relationship Between Road and Operational Cost of Vehicles On Jember Collector Urban Street. Jurnal Rekayasa Sipil dan Lingkungan, 2(01), 57–66. https://doi.org/10.19184/jrsl.v2i01.7583
Mangara, T. H. (2017). Kinerja Pelayanan Bus Sekolah Kota Bandung. Jurnal Planologi Unpas, 4(November), 849–860. https://www.journal.unpas.ac.id/index.php/planologi/article/view/711
Mankiw, G. N. (2016). Principles of Economics. South-Western College Pub.
Park, J., & Kim, B. I. (2010). The school bus routing problem: A review. European Journal of Operational Research, 202(2), 311–319. https://doi.org/10.1016/j.ejor.2009.05.017
Parvasi, S. P., Tavakkoli-Moghaddam, R., Taleizadeh, A. A., & Soveizy, M. (2019). A Bi-Level Bi-Objective Mathematical Model for Stop Location in a School Bus Routing Problem. IFAC-PapersOnLine, 52(13), 1120–1125. https://doi.org/10.1016/j.ifacol.2019.11.346
Pokharel, R., Bertolini, L., & te Brömmelstroet, M. (2023). How does transportation facilitate regional economic development? A heuristic mapping of the literature. Transportation Research Interdisciplinary Perspectives, 19. https://doi.org/10.1016/j.trip.2023.100817
Schittekat, P., Kinable, J., Sörensen, K., Sevaux, M., Spieksma, F., & Springael, J. (2013). A metaheuristic for the school bus routing problem with bus stop selection. European Journal of Operational Research, 229(2), 518–528. https://doi.org/10.1016/j.ejor.2013.02.025
Tantry, C. A., & Cahyono, M. S. D. (2022). Analisis Tarif Biaya Operasional Kendaraan (BOK) Bus Kelas Ekonomi Jurusan Surabaya-Malang Dengan Metode Pacific Consultant International (PCI) Studi Kasus : Terminal Purabaya Bungurasih-Terminal Arjosari. Surabaya Jurnal Anggapa, 1(1). https://ojs.widyakartika.ac.id/index.php/anggapa/article/view/424
Utami, A., & Natio, W. K. R. (2021). Analisis Perbandingan Waktu Perjalanan dan Biaya antara Kendaraan Pribadi dan Transjakarta menggunakan Metode PCI (Studi Kasus : TJ Koridor IX Pinang Ranti-Pluit). Reka Buana: Jurnal Ilmiah Teknik Sipil dan Teknik Kimia, 6(2), 150–159. https://doi.org/10.33366/rekabuana.v6i2.2649
Žižlavský, O. (2014). Net Present Value Approach: Method for Economic Assessment of Innovation Projects. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 156, 506–512. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.11.230
DOI: http://dx.doi.org/10.35448/jequ.v13i1.20279
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Jurnal Ekonomi-Qu
Phone: +62254 280330 ext 125