Pengaruh Brand Image Terhadap Purchase Decision dengan Word Of Mouth Sebagai Mediasi dan Product Quality Sebagai Moderasi (Studi Kasus Pembelian Air Mineral Dalam Kemasan Merek Ades di Kota Cilegon)

Fakhri Muhammad Akmal, Lutfi Lutfi, Yanto Azie Setya

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh brand image (X) terhadap purchase decision (Y) dengan word of mouth (Z) sebagai variabel intervening dan product quality (Z2) sebagai variabel moderasi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Pengumpulan data berdasarkan penelitian pustaka dan kuisioner. Populasi dalam penelitian ini adalah semua individu yang berdomisili di Kota Cilegon dengan umur lebih dari 17 tahun yang pernah membeli Ades minimal 1 kali pembelian. Sampel penelitian ini berjumlah 126 responden dengan convenience sampling. Metode analisis data pada penelitian ini adalah analisis statistik deskriptif dan analisis Structural Equation Modelling (SEM) dengan alat analisis SmartPLS 4.0 Professional. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Brand Image berpengaruh dan signifikan terhadap Purchase Decision. (2) Brand Image berpengaruh dan signifikan terhadap Word of Mouth. (3) Word of Mouth tidak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap Purchase Decision. (4) Word of Mouth tidak memediasi hubungan Brand Image terhadap Purchase Decision. (5) Product Quality berpengaruh dan signifikan terhadap Purchase Decision. (6) Product Quality tidak memoderasi hubungan Brand Image terhadap Purchase Decision.


Keywords


Brand Image; Purchase Decision; Word of Mouth; Product Quality

Full Text:

PDF

References


Aditi, B., & Hermansyur, H. M. (2018). Pengaruh atribut produk, kualitas produk dan promosi, terhadap keputusan pembelian mobil merek honda di Kota Medan. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 19(1), 64–72.

Buchari Alma., 2016 Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung. Alfabeta

Choi, H. S., & Cho, Y. H. (2016). The effect of self-congruence with wine brand on brand attitude and brand loyalty. Tourism Research, 40(4), 87– 107.

Fahmi, Irham. (2016) Manajemen Pengambilan Keputusan Teori dan Aplikasi, Bandung: Alfabeta

Joesyiana, K. (2018). Pengaruh word of mouth terhadap keputusan pembelian konsumen pada media online shop shopee di pekanbaru. Jurnal Valuta, 4(1), 71–85.

Keller, K. L., & Kotler, P. (2015). Holistic marketing: a broad, integrated perspective to marketing management. In Does marketing need reform?: Fresh perspectives on the future (pp. 308–313). Routledge.

Kotler, P. & Armstrong, G., (2017). Principles of Marketing. 17th red. New York.

Kotler, P. and Keller, Kevin L. 2016: Marketing Management, 15th Edition New Jersey: Pearson Pretice Hall, Inc.

Marshall, C., & Rossman, G. B. (2016). Designing Qualitative Research (6th Edition). Thousand Oaks, CA: Sage Publications.

Priansa, D. J. (2017). Komunikasi Pemasaran Terpadu pada era media sosial. Bandung: CV Pustaka Setia, 358.

Rahmawati, Y., & Nilowardono, S. (2018). The effect of product quality, brand trust, price and sales promotion on purchase decisions on royal residence surabaya (Case Study In PT. Propnex Realti Visit). IJIEEB International Journal of Integrated Education, Engineering

and Business EISSN 2615-1596 PISSN 2615-2312, 1(1), 1–10.

Sanusi, Anwar. 2014. Metodologi Penelitian Bisnis. Jakarta: Penerbit Salemba. Empat.

Sarwono, S. W., & Meinarno, E. A. (2015). Psikologi Sosial (Vol. 1). Salemba Humanika.

Sirgy, 2018. "Self-congruity theory in consumer behavior: A little history," Journal of Global Scholars of Marketing Science, Taylor & Francis Journals, vol. 28(2), pages 197-207, April

Sumpu, N., & Tumbel, A. L. (2018). Analisis Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Samsung (Studi Pada Mahasiswa Universitas Samratulangi Manado Angkatan 2016 ). Analisis Pengaruh Citra…… 2528 Jurnal EMBA, 6(4), 2528–2537.

Tjiptono, Fandy. (2015). Strategi Pemasaran, Edisi 4, Andi Offset, Yogyakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.35448/jequ.v15i1.34717

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Jurnal Ekonomi-Qu

 

Jurnal Ekonomi-Qu is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

Contact Person:
Sugeng Setyadi
Department of Economics
Faculty of Economics dan Business
Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
Address: Jl. Raya Palka Km 3 Sindangsari, Pabuaran, Kab. Serang, Banten 42163
Cell Phone: +6282122028968
Phone: +62254 280330 ext 125
E-mail: [email protected]
E-mail (personal): [email protected]