Persepsi Penggunaan Uang Elektronik QRIS Pada Generasi Milenial di DKI Jakarta

Ichsan Nur Yasar, Tati Handayani, Lili Puspitasari

Abstract


QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard) is a metamorphosis of a payment instrument that is becoming a trend among millennials. The millennial generation who has high mobility and is completely connected to the internet and digital media has great potential to become the main users of QRIS. The study was conducted to analyze the perceptions (maslahah, ease of use, word of mouth, and risk) that influence the decision to use QRIS electronic money in the millennial generation in DKI Jakarta. The research method uses a quantitative descriptive approach with a sample of 96 millennial generation respondents who know and have experience using QRIS electronic money. The sample is determined by non-probability (accidental sampling). The data were statistically analyzed using the IBM SPSS Statistics software version 28. The results showed that there was a simultaneous and partial significant effect on the variables of perception of maslahah, ease of use and risk on the decision to use QRIS electronic money in the millennial generation in Jakarta, but the perception of word of mouth generally partial effect is not significant.


Keywords


electronic money; millennial generation; perception

Full Text:

PDF

References


Andryanto, Reza. 2016. “Pengaruh kepercayaan, persepsi manfaat, dan pesepsi kemudahan penggunaan terhadap minat beli di toko online (Studi Empiris yang dilakukan pada OLX.Co.Id di Yogyakarta).” Skripsi 147(March).

Ersaningtyas, Awalina Putri, and Ety Dwi Susanti. 2019. “Analisis pengaruh persepsi kemudahan, persepsi resiko dan kualitas informasi terhadap minat menggunakan rekening bersama shopee.” Jurnal Bisnis Indonesia 10(2).

Fadhli, Muhammad. 2016. “Pengaruh persepsi nasabah atas risiko, kepercayaan, manfaat, dan kemudahan penggunaan terhadap penggunaan internet banking (Studi Empiris pada Nasabah Bank Umum di Kota Banda Aceh).” Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Akuntansi (JIMEKA).

Hafid Saeful Sidik, M., Septiana A. Estri Mahani, Dede R. Oktini, Program Studi Manajemen, and Fakultas Ekonomi dan Bisnis. 2017. “Prosiding manajemen pengaruh word of mouth terhadap minat beli (survey pada pelanggan toko kain Rzi Cigondewah).” Prosiding Manajemen 0(0).

Hosea, Ivan Aldo, Tri Siswantini, and Sri Murtatik. 2020. “Keputusan pembelian e-commerce shopee.” Prosiding Biema 1(1).

Iknesya Rahma dan Arjuna Wiwaha. 2017. “Pengaruh word of mouth dan brand image terhadap keputusan penggunaan salon kecantikan pada konsumen mil off beauty bar.” Jurnal Ilmiah WIDYA Ekonomika 1(2).

Ilyas, Rahmat. 2017. “Konsep maslahah dalam konsumsi ditinjau dari perspektif ekonomi Islam.” Jurnal Perspektif Ekonomi Darussalam.

Joan, Leoni; Sitinjak, Tony. 2019. “Pengaruh persepsi kebermanfaatan dan persepsi kemudahan penggunaan terhadap minat penggunaan layanan pembayaran digital Go-Pay.” Jurnal Manajemen.

Joesyiana, Kiki. 2018. “Pengaruh word of mouth terhadap keputusan pembelian konsumen pada media online shop Shopee di Pekanbaru.” Valuta 4(1).

Kusnandar, Viva Budy. 2019. Nilai Transaksi dan Jumlah Uang Elektronik (2010-Sep 2019).

Mihadi, Yananto, M. Si, Liana Sri, and A. Y. U. Wulandari. 2019. “Sistem pengambilan keputusan.” Sistem Pengambilan Keputusan Makalah.

Mulyana, Yusuf Fitra. 2016. “Pengaruh kepercayaan, persepsi risiko, dan keamanan terhadap minat beli konsumen pada toko online (Studi Pada Toko Online Olx.Co.Id ).”

Naumovska, Ljupka. 2017. “Marketing communication strategies for Generation Y – Millennials.” Business Management and Strategy 8(1).

Ningsih, Hutami A., Endang M. Sasmita, and Bida Sari. 2021. “ Analisis pengaruh persepsi manfaat, persepsi kemudahan penggunaan, dan persepsi risiko terhadap keputusan menggunakan uang elektronik ( QRIS ) pada mahasiswa UPI Y.A.I.” Jurnal IKRA-ITH Ekonomika 1–9.

Prabawalingga, I. Gusti Ngurah Mayun, and I. Ketut Yadnyana. 2016. “Persepsi Kemanfaatan dan Persepsi Kemudahan Dengan Minat Penggunaan Sebagai Variabel Intervening Terhadap Perilaku Penggunaan Sistem.” E-Journal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana.

Pratama, Andhika Bayu, and I. Dewa Gede Dharma Suputra. 2019. “Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan Penggunaan, Dan Tingkat Kepercayaan Pada Minat Menggunakan Uang Elektronik.” E-Jurnal Akuntansi.

Priambodo, Singgih, and Bulan Prabawani. 2016. “Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan Penggunaan, dan Persepsi Risiko Terhadap minat Menggunakan layaanan Uang Elektronik ( Studi Kasus pada Masyarakat di Kota Semarang) Pendahuluan Kajian Teori Perilaku Konsumen.” Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis.

Riyanto, Slamet, and Aglis Andhita Hatmawan. 2020. Metode Riset Penelitian Kuantitatif Penelitian di Bidang Manajemen, Teknik, Pendidikan dan Eksperimen.

Sari, Novita, Muhammad Saputra, and Jamaluddin Husein. 2017. “Pengaruh Electronic Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian pada Toko Online Bukalapak.Com.” Jurnal Manajemen Magister 03(01).

Sudjana. 2012. Metode Statistik. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugianto, Raphael Vivaldo, and Ritzky Karina M. Brahmana. 2018. “Pengaruh Self-Congruity, Curiosity dan Shopping Well-Being Terhadap Pola Konsumsi Fast Fashion pada Generasi Millennial Di Surabaya.” Agora 6(1).

Tazkiyyaturrohmah, Rifqy. 2018. “Eksistensi Uang Elektronik Sebagai Alat Transaksi Keuangan Modern.” Muslim Heritage.

Yogananda, Andrean Septa, and I. Made Bayu Dirgantara. 2017. “Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan Penggunaan, Kepercayaan dan Persepsi Risiko Terhadap Minat Untuk Menggunakan Instrumen Uang Elektronik.” Diponegoro Journal of Management.

Yunanto, Tio Kharisma. 2016. “Pengaruh Perceived Ease of Use, Word of Mouth, dan Brand Image Terhadap Keputusan Penggunaan Layanan Jasa Transportasi Gojek Di Kota Tangerang Selatan.” Ekonomi Bisnis.




DOI: http://dx.doi.org/10.35448/jiec.v6i1.12844

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright © Syi’ar Iqtishadi: Journal of Islamic Economics, Finance and Banking.