Pengetahuan dan Kesadaran Zakat; Implikasinya Terhadap Minat Karyawan Usaha Menengah Besar (UMB) untuk Membayar Zakat Pada BAZNAS
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revi). Rineka Cipta.
Asnaini. (2017). Minat muzakki membayar zakat melalui lembaga (studi kasus di provinsi bengkulu). Nuansa, X(1), 66–74.
Ayuningtyas, R. D., & Sari, R. L. (2020). Analisis Minat Muzakki Membayar Zakat di Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Semarang. AKSES: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 15(1), 45–54. https://doi.org/10.31942/akses.v15i1.3360
Bachtiar, D. I. (2018). Analisis Pengaruh Diversifikasi Produk dan Harga terhadap Keputusan Pembelian pada UKM Gula Kelapa. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 52–60.
Baznas. (2022). BAZNAS Tetapkan Delapan Program Prioritas Nasional Tahun 2023. Baznas.Go.Id. https://baznas.go.id/Press_Release/baca/BAZNAS_Tetapkan_Delapan_Program_Prioritas_Nasional_Tahun_2023/1182
BPS. (2020). Statistik Industri Besar dan Sedang di Provinsi Banten.
Bungin, S. (2015). Metodologi Penelitian Sosial dan Ekonomi (Volume 2). Kencana.
Dewi Rafiah Pakpahan, Ahmad Fadli, Martin, Maya Andiriani, & Sabaruddin Chaniago. (2021). Efforts To Increase Interest In Paying Zakat With Knowledge And Self-Awareness. International Journal of Science, Technology & Management, 2(6), 1956–1960. https://doi.org/10.46729/ijstm.v2i6.396
Ferdindand. (2002). Structural Equation Modeling dalam Penelitian Manajemen (Edisi Revi). Badan Penelitian Universitas Diponegoro.
Haki, U. (2020). Pengaruh Pengetahuan Zakat dan Citra Lembaga Terhadap Minat Muzakki dalam Membayar Zakat Fitrah. Syi`ar Iqtishadi : Journal of Islamic Economics, Finance and Banking, 4(1), 81. https://doi.org/10.35448/jiec.v4i1.8182
Hamzah, Z., & Kurniawan, I. (2020). Pengaruh Pengetahuan Zakat Dan Kepercayaan Kepada Baznas Kabupaten Kuantan Singingi Terhadap Minat Muzakki Membayar Zakat. Jurnal Tabarru’: Islamic Banking and Finance, 3(1), 30–40. https://doi.org/10.25299/jtb.2020.vol3(1).5114
Imani, D. M. C. (2021). the Influence of Family Economic Conditions, Zakat Awareness, and Reference Groups on the Interest in Paying Zakat Mal. Jurnal Profita: Kajian Ilmu Akuntansi, 2021(1), 38–53. https://journal.student.uny.ac.id/index.php/profita/article/view/17721%0Ahttps://journal.student.uny.ac.id/index.php/profita/article/viewFile/17721/17085
Irfan, R. jannah, Ashal, F. F., & Aulia, R. (2020). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Generasi Milenial Terhadap Minat Beli Produk Asuransi Jiwa Syariah. JIHBIZ :Global Journal of Islamic Banking and Finance., 2(1), 34. https://doi.org/10.22373/jihbiz.v2i1.8578
Kartika, I. K. (2020). Pengaruh Pendapatan Terhadap Minat Membayar Zakat Dengan Kesadaran Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Muzakki di BAZNAS Salatiga). Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 6(1), 42–52. https://doi.org/10.29040/jiei.v6i1.558
Kemenag. (2023). Gelar Rakornas Zakat 2023, Kemenag Ungkap Pengumpulan ZIS Capai 21 Triliun. Dki.Kemenag.Go.Id. https://dki.kemenag.go.id/berita/gelar-rakornas-zakat-2023-kemenag-ungkap-pengumpulan-zis-capai-21-triliun
Kusnandar, V. B. (2021). Sebanyak 86,88% Penduduk Indonesia Beragama Islam. Databoks.Katadata.Co.Id. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/09/30/sebanyak-8688-penduduk-indonesia-beragama-islam
Mahardika, T. P. (2019). The Effect Of Knowledge and Religiosity On Purchase Intention WWITHS Consumer’s Attitute as The Mediation Variable (A Study On Wardah Cosmetics Consumer In Yogyakarta). Jurnal Ilmu Manajemen, 16(2), 83–93.
Mahyudin, Irfan, & Widia Astuty. (2020). Optimization to Raise Awareness of Paying Zakat through Accountability and Quality of Service AsModeration Variables. International Journal of Science, Technology & Management, 1(4), 306–310. https://doi.org/10.46729/ijstm.v1i4.94
Manuel, V. (2022). Milad Ke-20 Tahun, Baznas Banten Berkiprah Membangun Penaggulangan Kemiskinan di Banten. Gerbangbanten.Co.Id. https://gerbangbanten.co.id/milad-ke-20-tahun-baznas-banten-berkiprah-membangun-penaggulangan-kemiskinan-di-banten/
Martono, S., Nurkhin, A., Lutfhiyah, F., Fachrurrozie, Rofiq, A., & Sumiadji. (2019). The relationship between knowledge, trust, intention to pay zakah, and zakah-paying behavior. International Journal of Financial Research, 10(2), 75–81. https://doi.org/10.5430/ijfr.v10n2p75
Membayar, M., & Mulyany, R. (2023). Pengetahuan, Religiusitas, Budaya dan Kepercayaan dan Minat Muzakki Membayar Zakat. Owner: Riset Dan Jurnal Akuntansi, 7(April), 1698–1706.
Mujaddid, F., & Nugroho, P. T. A. (2019). Pengaruh pengetahuan, reputasi, lingkungan dan religiusitas terhadap minat pelajar Sekolah Menengah Kejuruan prodi perbankan Syariah dalam menabung di bank Syariah. Jurnal Ekonomi Islam, 10(1), 14–37.
Mulyana, A., Mintarti, S., & Wahyuni, S. (2019). Pengaruh Pemahaman Dan Religiusitas Serta Kepercayaan Terhadap Minat Membayar Zakat Profesi Oleh Muzakki Pada Lembaga Amil Zakat Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) KALTIM Kota Balikpapan. Jurnal Ilmu Ekonomi Mulawarman (JIEM), 3(4), 10.
Mutmainah, L. (2018). The Role of Religiosity, Halal Awareness, Halal Certification, and Food Ingredients on Purchase Intention of Halal Food. Ihtifaz: Journal of Islamic Economics, Finance, and Banking, 1(1), 33. https://doi.org/10.12928/ijiefb.v1i1.284
Najmudin, Atiah, I. N., Sujai, & Aziz, A. (2022). Minat Milenial Kota Serang Dalam Berwakaf Uang Melalui Platform Digital di Masa New Normal. SYI’AR IQTISHADI Journal of Islamic Economics, Finance and Banking, 7(2), 183–198.
Najmudin, N., & Syihabudin, S. (2022). Religiosity and Halal Certification: Its Effect on Interest in Buying Traditional Food. Li Falah: Jurnal Studi Ekonomi Dan Bisnis Islam, 6(2), 79. https://doi.org/10.31332/lifalah.v6i2.2994
Najmudin, N., Syihabudin, S., & Fatoni, A. (2021). the Effect of Halal Awareness and Food Ingredients on Consumer Interests of Culinary Seafood Beach Tourism. ISLAMICONOMIC: Jurnal Ekonomi Islam, 12(1), 23–38. https://doi.org/10.32678/ijei.v12i1.273
Najmudin, S. (2021). Religiosity and Halal Certification : Its Effect on Interest in Buying Traditional Food. Li Falah Journal of Islamic Economics and Business Studies, 6(2), 79–96.
Najmudin, & Shihabudin. (2022). Subjective Norms and Behavioral Control: The Effectiveness on Interest in Sharia Insurance. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 8(01), 39–46.
Nasution, E. Y. (2017). Pengaruh Pendidikan, Pendapatan dan Kesadaran Terhadap Minat Masyarakat Membayar Zakat di Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS): Studi Kasus Kota Medan. Ekonomikawan: Jurnal Ilmu Ekonomi Dan Studi Pembangunan, 17(2), 147–158. https://doi.org/10.30596/ekonomikawan.v17i2.1797
Nugroho, A. S., & Nurkhin, A. (2019). Pengaruh religiusitas, pendapatan, pengetahuan zakat terhadap minat membayar zakat profesi melalui Baznas dengan faktor usia sebagai variabel moderasi. Economic Education Analysis Journal, 8(3), 955–966. https://doi.org/10.15294/eeaj.v8i3.35723
Nur, M. M., & Zulfahmi. (2018). Pengaruh Pengetahuan , Pendapatan , dan Kepercayaan , Terhadap Minat Muzakki dalam Membayar Zakat. Ekonomi Regional Unimal, 01(3), 19–29.
Nurcahyo, A., & Hudrasyah, H. (2017). The Influence of Halal Awareness, Halal Certification, and Personal Societal Purchase Intention. Journal of Business and Management, 6(1), 21–31.
Pertiwi, I. S. M. (2020). Pengaruh tingkat pendapatan, literasi zakat dan kepercayaan terhadap minat masyarakat dalam membayar zakat pada baznas provinsi lampung. Jurnal Ilmu Manajemen Dan Akuntansi, 8(1), 1–9.
Puskas BAZNAS. (2023). Outlook Zakat Indonesia 2023 Badan Amil Zakat Nasional. Pusat Kajian Strategis-Badan Amil Zakat Nasional.
Rachma, A., & Mardiana. (2022). Pengaruh Pengetahuan, Religiusitas Dan Akses Media Informasi Terhadap Minat Berwakaf Sukuk Wakaf Adenia. Ekonomi, Keuangan, Investasi Dan Syariah (EKUITAS), 4(1), 22–27. https://doi.org/10.47065/ekuitas.v4i1.1663
Rasela, F. (2022). Pengaruh Literasi Wakaf terhadap Minat Mahasiswa Berwakaf pada Forum Wakaf Mahasiswa Indonesia. Jurnal Riset Perbankan Syariah (JRPS), 7(2), 69–76.
Rizaty, M. A. (2022). Jumlah Penduduk Muslim Indonesia Terbesar di Dunia pada 2022. Dataindonesia.Id. https://dataindonesia.id/ragam/detail/populasi-muslim-indonesia-terbesar-di-dunia-pada-2022
Romdhoni, A. H., & Sari, D. R. (2018). Pengaruh Pengetahuan, Kualitas Pelayanan, Produk, dan Religiusitas terhadap Minat Nasabah untuk Menggunakan Produk Simpanan pada Lembaga Keuangan Mikro Syariah. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 4(02), 136. https://doi.org/10.29040/jiei.v4i02.307
Rosalinda, M., Abdullah, A., & Fadli, F. (2021). Pengaruh Pengetahuan Zakat, Pendapatan Dan Kepercayaan Muzakki Terhadap Minat Pelaku Umkm Untuk Membayar Zakat Niaga Di Organisasi Pengelola Zakat Kota Bengkulu. Jurnal Akuntansi, 11(1), 67–80. https://doi.org/10.33369/j.akuntansi.11.1.67-80
Sari, I. I., Kanzu, A., & Kosim, N. (2021). Pengetahuan Masyarakat Terhadap Minat Membayar Zakat Pada Baznas Kabupaten (Survey Masyarakat Kp . Cogreg Desa Keboncau). 2016, 1–6.
Setiawan, F. (2017). MEMBAYAR ZAKAT PROFESI ( Studi Kasus di Kabupaten Ponorogo ). Jurnal Ilmu Manajemen, 8(1), 13–21.
Syihabudin, S., & Najmudin, N. (2022). Intensi Berinvestasi Pada Pasar Modal Syariah; Studi Empiris Pada Masyarakat Milenial Provinsi Banten. Ekonomi, Keuangan, Investasi Dan Syariah (Ekuitas), 4(2), 528–534. https://doi.org/10.47065/ekuitas.v4i2.2483
Ulya, A. N., & Karneli, O. (2018). Pengaruh Diversifikasi dan Kualitas Produk terhadap Kepuasan Pelanggan pada Toko Rabbani Cabang Pekanbar. JOM FISIP, 5(Edisi II Juli – Desember), 1–14.
Widyanto, H. A., & Irfanur, M. K. (2019). Faith-Based Marketing: Antecedents of Purchase Intention for Halal-Certified Personal Care Products. Jurnal Muara Ilmu Ekonomi Dan Bisnis, 3(2), 421. https://doi.org/10.24912/jmieb.v3i2.7338
DOI: http://dx.doi.org/10.35448/jiec.v7i1.20114
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright © Syi’ar Iqtishadi: Journal of Islamic Economics, Finance and Banking.