PENGARUH MOTIVASI BERPRESTASI SISWA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS

Riski Aspriyani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara motivasi berprestasi siswa terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis dan bagaimana hubungan antara motivasi berprestasi siswa dengan kemampuan pemecahan masalah matematis. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas XI SMK Karya teknologi Jatilawang tahun ajaran 2016/2017 dan diperoleh sampel sebanyak 50 siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan pemecahan masalah matematis dan angket motivasi berprestasi siswa. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linear sederhana yang sebelumnya dilakukan uji normalitas dan uji linearitas sebagai prasyarat analisis. Dengan signifikansi 5% diperoleh hasil analisis bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara motivasi berprestasi siswa terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis dan mempunyai korelasi positif antara kedua variabel penelitian tersebut.

 

Kata kunci: Motivasi Berprestasi, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jppm.v10i1.1194

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional .

JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika). Jurnal ini diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).

Alamat Penerbit: Jl. Raya Ciwaru No 25 Kota Serang Banten, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Ciwaru, Serang, Banten, Indonesia. Telepon / Faks: (0254) 280330 Ext 111, Email: jppm@untirta.ac.id |Klik untuk mengakses: Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika