PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS ANDROID UNTUK MENGEKSPLOR PENALARAN PROPORSIONAL PESERTA DIDIK

Eko Sutrisno, Aripin Aripin, Nani Ratnaningsih

Abstract


Pandemi membawa dampak yang cukup besar dalam kehidupan manusia, begitupun pada dunia pendidikan. Kurangnya waktu dalam belajar, mengakibatkan peserta didik tidak maksimal dalam memahami materi pembelajaran yang diajarkan. Minimnya media pembelajaran yang ada ditambah lagi di MTs At Taubah Pesahangan Cimanggu seringkali terkendala sinyal internet yang kurang bagus, sehingga penulis berusaha memberikan solusi dengan mengembangkan multimedia yang dapat digunakan peserta didik untuk belajar secara mandiri di mana saja dan kapan saja. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran dalam bentuk multimedia interaktif berbasis android pada materi perbandingan untuk mengeksplor penalaran proporsional peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (research and development) dengan model ADDIE (Analize, Design, Development, Implement, Evaluation). Hasil penelitian yang dilakukan pada Kelas VIIC sebanyak 24 orang di MTs At Taubah ini menunjukkan bahwa media yang digunakan Sangat Layak berdasarkan validasi oleh ahli materi dengan skala 89% dan dari ahli media dengan skala 92%, serta berdasarkan angket respon peserta didik menunjukkan hasil yang Sangat Baik dengan skala 87%. Efektifitas media dalam mengeksplor penalaran proporsional peserta didik juga masuk kategori Sangat Tinggi, hal ini dapat dilihat dari hasil perhitungan Effect Size dengan skor 1,53. Jadi penggunaan media sangat efektif dalam mengeksplor penalaran proporsional peserta didik.

 

Kata kunci: Multimedia Interaktif, Android, Penalaran Proporsional


Full Text:

PDF

References


Amirullah, G. dan Susilo. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Konsep Monera Berbasis Smartphone Android. Wacana Akademika, 2(1).https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/wacanaakademika/article/view/2555.

Basilaia, G., & Kvavadze, D. (2020). Transition to Online Education in Schools during a SARS-CoV-2 Coronavirus (COVID-19) Pandemic in Georgia. Pedagogical Research. https://doi.org/10.29333/pr/7937.

Batubara, H. H, (2017), Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Android Untuk Siswa SD/MI, Jurnal Madrasah Ibtidaiyah Mualimuna, 3(1), https://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/jurnalmuallimuna/article/view/952/804#.

Hamidah, D. Putri, R.I.I., & Somakim. (2017). Eksplorasi Pemahaman Siswa pada Materi Perbandingan Senilai Menggunakan Konteks Cerita di SMP. Jurnal Riset Pendidikan dan Inovasi Pembelajaran Matematika, 1(1), PP. 1-49, journal.unesa.ac.id/index.php/jrpipm.

Komalasari, M. D. dan Wihaskoro, A.M. (2017). Mengatasi Kesulitan Memahami Soal Cerita Matematika Melalui Gerakan Literasi Sekolah Dasar. http://repository.upy.ac.id/1804/2/13.%20Mahilda%20Dea%20Komalasari1%29%2C%20Ahmad%20Mabruri%20Wihaskoro2%29.pdf.

Lestari, N. (2020). Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif. Klaten: Lakeisha.

Lestari, P. (2016). Penggunaan Model Aktifitas Investigasi Autentik yang Dimodifikasi untuk Memahami Konsep Rasio dan Proporsi. Jurnal Pendidikan Matematika STKIP Garut "Musyarafa", 5(3).

Lobato, J., Ellis, A., & Zbiek, R.M. (2010). “Developing Essential Understandings of Ratios, Proportions, and Proportional Reasoning for Teaching Mathematics: Grade 6-8.” Reston, VA: National Council of Teachers of Mathematics (NCTM)).

Melanie, M.E., Hartoyo, A., & Dian, A. (2016). Deskripsi Proses Penyelesaian Soal Cerita Materi Perbandingan pada Siswa Kelas VII SMP. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 5(9). https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/16448.

Nugraha, Y., Suyadi, I., & Pangadi. (2016). Penalaran Proporsional Siswa Kelas VII. Jurnal Tadris Matematika, 9(1), 34-47. http://dx.doi.org/10.20414/betajtm.v9i1.2.

Parlindungan, D.P., Mahardika, G.P., & Yulinar, D., (2020), Efektivitas Media Pembelajaran Berbasis Video Pembelajaran dalam Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) di SD Islam An-Nuriyah, Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ, http://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaslit.

Post, T.R., Behr, M., & Lesh, R. (1988). “Proportionality and the development of pre-algebra understandings. In The algebra curriculum K-12”.(Reston, VA: Yearbook National Council of Teachers of Mathematics). 1988. pp.78-90.

Purnamasari, N.L., (2019). Metode Addie Pada Pengembangan Media Interaktif Adobe Flash Pada Mata Pelajaran Tik. Jurnal Pena SD, 5(1). http://www.jurnal.stkippgritulungagung.ac.id/index.php/pena-sd/article/view/1530.

Savitri, D., Karim, A., & Hasbullah, (2020), Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Android Di Kelas 4 Sekolah Dasar ,Jurnal Lebesgue : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika dan Statistika, DOI : 10.46306/lb.v1i2.17.

Steinthorsdottir, B.O. and Sriraman, B. (2009). “Icelandic 5th grade girls developmental trajectories in proportional reasoning.”

Sugihartini, N dan Yudiana, K., (201). Addie Sebagai Model Pengembangan Media Instruksional Edukatif (Mie) Mata Kuliah Kurikulum Dan Pengajaran. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 15 (2), Hal :277. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPTK/issue/view/851.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kauntitatif, Kualitatif, R&D. In Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D.

Toha, M., Mirza, A., & Ahmad, D. (2018). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Perbandingan di Kelas VII SMP. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 7(1). https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/23626.

Widyaningrum, A. Z. (2016). Analisis Kesulitan Siswa dalam Mengerjakan Soal Cerita Matematika Materi Aritmatika Sosial ditinjau dari Gaya Belajar Siswa Kelas VII SMP.

Yormala W. & Setiawati K. 2016. Perancangan Aplikasi Kamus Geografi Berbasis Android. Jurnal TEKNOIF, Vol. 4(1): 2338-2724.

Zakiy, M. A, Syazali, M., & Farida, (2018), Pengembangan Media Android dalam Pembelajaran Matematika, Journal of Mathematics Education, 1(2), https://jurnal.unsur.ac.id/triple-s/article/view/377.




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jppm.v16i1.16452

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika)

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional .

JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika). Jurnal ini diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).

Alamat Penerbit: Jl. Raya Ciwaru No 25 Kota Serang Banten, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Ciwaru, Serang, Banten, Indonesia. Telepon / Faks: (0254) 280330 Ext 111, Email: jppm@untirta.ac.id |Klik untuk mengakses: Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika