PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN GENERALISASI MATEMATIS SISWA

Silvia Dani, Heni Pujiastuti, Ria Sudiana

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya kemampuan generalisasi matematis siswa yang masih tergolong rendah di SMPN 6 Kota Serang. Oleh karena itu, peneliti menggunakan pembelajaran matematika dengan pendekatan Realistic Mathematic Education, karena pendekatan ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan generalisasi matematika siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pencapaian akhir dan peningkatan kemampuan generalisasi matematis siswa yang mendapat pembelajaran dengan pendekatan Realistic Mathematic Education lebih baik daripada siswa yang mendapatkan pembelajaran yang umum diterapkan sesuai dengan kurikulum 2013 ada korelasi positif antara kemampuan Generalisasi siswa matematika. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kombinasi (mixed method) dengan penggabungan desain horisontal kualitatif dan konkuren. Penelitian ini melibatkan dua kelas kelas eksperimen dan kelas kontrol. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 6 Kota Serang. Sampel adalah kelas VII B sebagai kelas eksperimen dan kelas VII C sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen uji kemampuan generalisasi matematis, lembar observasi, pedoman wawancara, dokumentasi dan peneliti itu sendiri. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa pencapaian akhir dan peningkatan kemampuan generalisasi matematika kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol.

 

Kata kunci: Realistic Mathematics Education, Kemampuan Generalisasi Matematis.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jppm.v10i2.2043

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional .

JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika). Jurnal ini diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).

Alamat Penerbit: Jl. Raya Ciwaru No 25 Kota Serang Banten, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Ciwaru, Serang, Banten, Indonesia. Telepon / Faks: (0254) 280330 Ext 111, Email: jppm@untirta.ac.id |Klik untuk mengakses: Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika