Analisis Soal Kompetisi Matematika Tingkat SMA Se-Tangerang Raya

Fitri Anisa Kusumastuti, Muh. Khaedir Lutfi, Novela Wulandari, Yusup Junaedi, Ayathollah Khomeni

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kualitas soal kompetisi matematika tingkat SMA/MA se-Tangerang Raya, yang diselenggarakan oleh Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Tangerang Raya (Untara) bersama Himpunan Mahasiswa Pendidikan Matematika. Evaluasi dilakukan berdasarkan aspek materi, konstruksi, bahasa, dan Taksonomi Bloom. Materi matematika yang dujikan dalam kompetisi meliputi Aljabar, Geometri, Kombinatorika, Teori bilangan, Trigonometri. Data diambil dari dokumen soal, jawaban, dan skor peserta. Analisis menunjukkan bahwa mayoritas soal memiliki kualitas yang baik, meskipun beberapa aspek, seperti keseimbangan tingkat kognitif dalam Taksonomi Bloom, memerlukan perbaikan. Penelitian ini diharapkan menjadi dasar untuk pengembangan kompetisi serupa di masa depan.


Full Text:

PDF

References


Anderson and Krathwohl Bloom’s Taxonomy Revised Understanding the New Version of Bloom’s Taxonomy. (n.d.). Retrieved November 16, 2024, from https://quincycollege.edu/wp-content/uploads/Anderson-and-Krathwohl_Revised-Blooms-Taxonomy.pdf

Azizah, L., & Mardapi, D. (2017). Pengembangan Instrumen Penilaian Kompetisi Matematika Berbasis Higher Order Thinking Skills. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 21(1), 1-13. [DOI: 10.21831/pep.v21i1.16848]

Baiduri, R., & Maulana, D. (2021). Evaluasi Soal Matematika Berbasis HOTS di Sekolah Menengah Atas. Journal of Mathematics Education, 7(2), 213-225. [DOI: 10.24042/jme.v7i2.8156]

Brookhart, S. M. (2017). How to Assess Higher-Order Thinking Skills in Your Classroom. Alexandria: ASCD Publishing.

Deda, Y. N., & Disnawati, H. (2019). Buku ajar etnomatematika kawasan perbatasan NKRI-Timor Leste . Deepublish.

Engelhart, M. D., Furst, E. J., & Krathwohl, D. R. (1956). I TAXONOMY OF EDUCATIONAL OBJECTIVES The Classification of Educational Goals HANDBOOK1 COGNITIVE DOMAIN LONGMANS.

Harlen, W. (2015). Teaching, Learning and Assessing Science 5-12 (4th Edition). London: SAGE Publications.

Hidayat, M. T., & Rahmawati, D. (2018). Analisis Kualitas Soal pada Ujian Nasional Matematika Berdasarkan Taksonomi Bloom. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika, 11(1), 34-45. [DOI: 10.23969/jppm.v11i1.1303]

Junaedi, Y., Anwar, S., & Hilmi, Y. (2024). Pengembangan Bahan Ajar Digital Augmented Reality berbasis Ethno–RME Kebudayaan Suku Baduy dalam Optimasi Kemampuan Literasi Matematis Siswa. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika, 17(2), 140-149.

Karim, A. (2018). Analisis Kualitas Soal Perlombaan Matematika Tingkat SMA. Jurnal Ilmiah Multi Sciences, 10(1), 1–8.

Kurniawati, D., & Sari, P. (2023). Pengaruh Kompetisi Matematika terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah. Journal of Educational Science and Technology, 8(2), 115-128. [DOI: 10.23887/jest.v8i2.12389]

LW, A., DR, K., PW, A., KA, C., Mayer, R., PR, P., Raths, J., & MC, W. (2001). A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assessing: A Revision of Bloom’s Taxonomy of Educational Objectives.

Mulyati, E., & Fauzan, A. (2020). Evaluasi Kualitas Soal Matematika untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 54-63. [DOI: 10.31980/jpm.v5i1.1098]

Nazir, Moh.. (2005). Metode penelitian. Ghalia Indonesia.

Prastowo, A. (2018). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.

Rustam, R., & Pratama, I. (2024). Pengembangan Instrumen Penilaian Berbasis Higher-Order Thinking Skills. Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 10(1), 65-80. [DOI: 10.30587/matkreano.v10i1.13125]

Silverius, S.. (1991). Evaluasi hasil belajar dan umpan balik. Grasindo.

Sudijono, A. (2017). Pengantar evaluasi pendidikan. Rajagrafindo persada.

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Yusup, Y. J., Lutfi, M. K., & Kusumastuti, F. A. (2022). LEVEL BERPIKIR KKREATIF MATEMATIS SISWA SMP PADA PEMBELAJARAN HYBRID. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 1-14.

Yusuf, I., & Widyaningsih, R. (2016). Evaluasi Kualitas Soal Olimpiade Sains Nasional (OSN) Berdasarkan Taksonomi Bloom. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Matematika Indonesia, 7(1), 89-101

Zulfikar, A., & Rahmi, R. (2022). Analisis Taksonomi Bloom pada Soal Matematika Kompetisi Regional. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika, 9(3), 290-302. [DOI: 10.33578/jppm.v9i3.9865]




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jppm.v18i1.30403

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional .

JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika). Jurnal ini diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).

Alamat Penerbit: Jl. Raya Ciwaru No 25 Kota Serang Banten, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Ciwaru, Serang, Banten, Indonesia. Telepon / Faks: (0254) 280330 Ext 111, Email: [email protected] |Klik untuk mengakses: Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika