Eksperimentasi Pembelajaran Berdiferensiasi dengan Pendekatan Berbasis Proyek terhadap Keterlibatan Belajar dan Kepuasan Belajar

Erni Erni, Sugilar Sugilar, Ardi Dwi Susandi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh pembelajaran berdiferensiasi dengan pendekatan berbasis proyek terhadap keterlibatan dan kepuasan belajar siswa tingkat SMA. Pembelajaran berdiferensiasi menyesuaikan strategi pengajaran dengan kebutuhan, minat, dan gaya belajar siswa, sedangkan pendekatan berbasis proyek mendorong keterlibatan aktif melalui tugas-tugas berbasis proyek. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu dengan desain matching-only posttest-only control group, yang melibatkan dua kelas, yaitu kelas eksperimen yang menerapkan pembelajaran berdiferensiasi dengan pendekatan berbasis proyek dan kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran ekspositori. Data dikumpulkan melalui angket keterlibatan dan kepuasan belajar serta dianalisis menggunakan uji statistik deskriptif, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji-t independen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dalam kelas eksperimen memiliki keterlibatan dan kepuasan belajar yang lebih tinggi dibandingkan siswa dalam kelas kontrol. Rata-rata keterlibatan belajar pada kelas eksperimen lebih tinggi (M=45,78) dibandingkan kelas kontrol (M=44,64), demikian pula dengan kepuasan belajar siswa (M=47,06 pada kelas eksperimen dan M=45,36 pada kelas kontrol). Kesimpulan penelitian ini menegaskan bahwa pembelajaran berdiferensiasi dengan pendekatan berbasis proyek memberikan dampak positif terhadap keterlibatan dan kepuasan belajar siswa, sehingga dapat menjadi alternatif yang efektif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di SMA

Full Text:

PDF

References


Arantini., Tindangen, M., dan Rizki, N.A. (2024). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Untuk Meningkatkan Keterlibatan Siswa Kelas X SMKS GKE Agri Karya Bakti Dalam Pembelajaran Matematika Konten Barisan Aritmatika & Geometri Tahun Ajaran 2023/ 2024. Jurnal Inovasi Refleksi Profesi Guru, vol. 1, no. 1, 15-20.

Hospel, V., Galand, B., & Janosz, M. (2016). Multidimensionality of Behavioural Engagment: Empirical Support and Implication. International Journal of Educational Research, vol. 77, 37-39.

Kurniawan, A. (2022) Metodologi Penelitian Pendidikan. PT Remaja Rosdakarya. Bandung

Kurniawan R, Sohibien GPD, dan Rahani R. 2019. Cara Mudah Belajar Statistik. Kencana: Jakarta

Nuramalina, N., Basuki, I.A., dam Suyono. (2019). Pengaruh Model Kolaboratif Berbasis Masalah Terhadap Kepuasan Belajar Siswa Sekolah Dasar.

Ovan, S.Pd., M.Pd. (2022). Strategi Belajar Mengajar Matematika. Kencana: Jakarta




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jppm.v18i1.31280

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional .

JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika). Jurnal ini diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).

Alamat Penerbit: Jl. Raya Ciwaru No 25 Kota Serang Banten, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Ciwaru, Serang, Banten, Indonesia. Telepon / Faks: (0254) 280330 Ext 111, Email: [email protected] |Klik untuk mengakses: Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika