Permainan Puzzle Sebagai Media Edukasi dalam Pencegahan Covid-19 pada Siswa Sekolah Dasar Negeri 188 Pinrang
Abstract
Jumlah Covid-19 pada anak mulai meningkat media Puzzle dapat digunakan untuk mengedukasi anak dalam pencegahan Covid-19. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh permainan puzzle terhadap perubahan pengetahuan dan perilaku pencegahan Covid-19 pada siswa Sekolah Dasar Negeri 188 Pinrang. Jenis penelitian adalah Quasi Eksperimen dengan desain one group pretest-posttest.Sampel adalah siswa kelas IV, V dan kelas VI Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan metode total sampling sampling sebanyak 33 orang.Siswa diberikan permainan Puzzle pencegahan covid-19.Pengetahuan dan perilaku diukur sebelum dan setelah permainan.Data dianalisis menggunakan Uji Paired T-testdan Wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan skor pengetahuan 2,63 pada posttest 1 dan 2,64 pada posttest 2. Skor perilaku juga meningkat pada posttest 1 3,76 dan posttest 2 2,12. Di simpulkan ada perubahan pengetahuan p = 0.000. dan perilaku p = 0.000. Sebelum dan sesudah permainan Puzzle terkait pencegahan Covid-19.Bagi siswa perlu menerapkan protokol kesehatan dengan rajin mencuci tangan untuk mencegah Covid-19.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abidah, A., Hidaayatullaah, H. N., Simamora, R. M., Fehabutar, D., & Mutakinati, L. (2020). The Impact of Covid-19 to Indonesian Education and Its Relation to the Philosophy of “Merdeka Belajar.” Studies in Philosophy of Science and Education, 1(1), 38–49. https://doi.org/10.46627/sipose.v1i1.9
Angreani, N. (2021). Update Covid-19 di Pinrang Hari Ini.
CNN Indonesia. (2021). 5.771 Anak di Sulsel Positif Covid-19, Makassar Tertinggi. https://www.cnnindonesia.com/nasional/20210707174800-20-664613/5771-anak-di-sulsel-positif-covid-19-makassar-tertinggi
COVID-19, S. T. P. (2021). Data WHO (World Health Organization), hingga Juli 2021.
Dewi, N. W. Y. A., Kusumaningsih, F. S., & Suntari, N. L. P. Y. (2019). Pengaruh Pendidikan Kesehatan dengan Media Puzzle Terhadap Perilaku Cuci Tangan Pakai Sabun Anak Prasekolah. Community of Publishing in Nursing (COPING, 7(1), 13–20.
Mulyaningsih, E., & Palangngan, S. T. (2021). Pengaruh Permainan Puzzle Terhadap Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan Pada Anak Usia Dini. AL-GURFAH: Journal of Primary Education, 1(1), 29–40.
Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Misykat, 3(1), 171–187.
Oktafiani, H., & Sunarti, S. (2020). Pengaruh Media Puzzle Terhadap Pengetahuan dan Sikap Tentang Gizi Seimbang Pada Siswa Kelas IV di SD Negeri 001 Samarinda Seberang. Borneo Student Research (BSR), 1(2), 724–729.
Olaimat, A. N., Aolymat, I., Shahbaz, H. M., & Holley, R. A. (2020). Knowledge and Information Sources About COVID-19 Among University Students in Jordan: A Cross-Sectional Study. Frontiers in Public Health, 8, 254. https://doi.org/10.3389/fpubh.2020.00254
Permata, R. D. (2020). Pengaruh Permainan Puzzle Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal PINUS: Jurnal Penelitian Inovasi Pembelajaran, 5(2), 1–10.
DOI: http://dx.doi.org/10.62870/tmj.v1i1.12639
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Tirtayasa Medical Journal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Manage by Faculty of Medicine, Universitas Sultan Ageng Tiryatasa
Publish by: Universitas Sultan Ageng Tiryatasa
Address : Jl. Raya Palka No.Km 3, Panancangan, Kec. Cipocok Jaya, Serang, Banten 42124, Indonesia
Tirtayasa Medical Journal (E-ISSN 2809-5111) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. Preserved in LOCKSS, through PKP Private LOCKSS Network program.