Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Ketidakefektifan Peran Perawat dalam Pelaksanaan Primary Survey

Hasnidar Hasnidar, Sukrang Sukrang, Putri Restu Nirwana Pilong

Abstract


Salah satu peran seorang perawat di instalasi gawat darurat yaitu mampu memberikan asuhan keperawatan yang mengharuskan perawat memiliki keterampilan dalam situasi yang darurat dengan kecepatan dan ketetapan. Primary survey merupakan sistem kerja yang terstruktur dan harus dilakukan sesuai dengan tahapan kerjanya. Keterlambatan dan kurangnya pengetahuan perawat merupakan indikator yang mempengaruhi pelayanan gawat darurat, keselamatan pasien menjadi salah satu yang utama dalam upaya pelayanan gawat darurat dirumah sakit untuk mencegah kematian dan mencegah kecacatan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor-faktor yang berhubungan dengan ketidakefektifan peran perawat dalam pelaksanaan primary survey di ruangan Ruangan Instalasi Gawat Darurat RSUD Madani. Jenis penelitin ini yaitu kuantitafif dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini yaitu 23 perawat yang bertugas di ruangan Ruangan Instalasi Gawat Darurat. Jumlah sampel 23 orang. Analisis data ini menggunakan uji chi- square. Hasil penelitian menunjukan ada hubungan antara masa kerja dan pelatihan dan tidak ada hubungan antara pengetahuan, umur, dan pendidikan dengan ketidakefektifan peran perawat dalam pelaksanaan primary survey di instalasi gawat darurat RSUD Madani dengan nilai p yang didapatkan dari masa kerja adalah 0.009 ≤ 0.05 dan nilai p yang didapatkan dari pelatihan adalah 0.000 ≤ 0.05. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu terdapat hubungan antara masa kerja dan pelatihan dalam pelaksanaan primary survey di ruangan Ruangan Instalasi Gawat Darurat RSUD Madani

Keywords


Gawat Darurat, Survei Primer, Unit Gawat Darurat, Peran Perawat

Full Text:

PDF

References


Admodiwirio S,.(2002). Manajemen Pelatihan Jakarta: PT Adtadizya Jaya.

Ahmil (2018). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Kepatuhan Perawat Dalam Pelaksanaan Standar Prosedur Operasional Triage Di Ruangan IGD RSUD Undata Provinsi Sulawesi Tengah. Jurnal Kemas. Stikes Widya Nusantara Palu. Palu.

Asmadi (2009). Konsep Dasar Keperawata. Buku kedokteran Jakarta: EGC.

Erdian (2009). Ilmi Perilaku, cetakan pertama. Jakarta: CV Sagung Seto.

Eurazmy (2018). Angka kematian akibat trauma menduduki peringkat ketiga di Indonesia. Tribun-bali.com. 2018 juni 06

Hanafiah MJ dan Amir A. (1999). Etika Kedokteran dan Hukum Kesehatan. Edisi 4. Jakarta: Penerbit Buku kedokteran EGC.

Hasibuan, Malayu, S.P. (2002). Manajemen Sumber Daya Manusia. EdisiRevisi Cetakan Kelima. Bumi Aksara Jakarta.

Maniung F, Rompas S, dan Lolong J.(2016). Hubungan Lama Kerja Dengan Kepatuhan Perawat Dalam Melaksanakan Sop Pemasangan Infus Di Rsu Gmim Pancar Kasih Manado. E-Jurnal Keperawatan. Jurusan Keperawatan Fakultas Kedokteran Manado. Manado .

Mardalena I. (2018). Asuhan Keperawatan Gawat Darurat. 1st Ed. Pustaka BaruPress.

Mondy, W.(2008). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Erlangga.

Natasia N, Loekqijana A, Kurniawati J. (2014). Fakor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepatuhan Pelaksanaan Sop Asuhan Keperawatan Di Icu-Iccu RSUD Gambiran Kota Kediri. [Skripsi]. Universitas Brawijaya Malang.

Notoatmodjo (2012). Promosi Kesehatan Dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Notoatmodjo S. (2007). Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku. Jakarta : Rineka Cipta

Rankin, J. A. (2013). Can Emergency Nurses Triage Skills Be Improved By Online Learning Result Of An Experiment. Journal Of Emergency Nursing.

Robbins, Stephen. (2001). Perilaku Organisasi. Alih Bahasa Hadyana Pujaatmaka dan Benyamin Molan. Jakarta : Penerbit Prenhallindo.

Sugihartono, dkk. (2012). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Ulfa M, Sarzuli T. (2015). Pengaruh Faktor Internal Dan Eksternal Terhadap Kepatuhan Perawat Dalam Melaksanakan Standar Prosedur Operasional Pemasangan Kateter Di Rumah Sakit PKU Muhammadiyahh Yogyakarta Unit II [Skripsi]. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Wawan A. dan Dewi M. (2011). Teori dan Pengukuran Pengetahuan, Sikap, Dan Perilaku Manusia. Yogyakarta (ID). Nuha Medika.

WHO. (2018). Time To Deliver: Report of The Who Independent High-Level Commission on Non Communicable Diseases.

Wirawan (2009). Evaluasi Kinerja Sumber Daya Manusia Teori, Aplikasi Dan Penelitian. Jakarta: Salemba Empat.




DOI: http://dx.doi.org/10.52742/tmj.v1i2.15270

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Manage by Faculty of Medicine, Universitas Sultan Ageng Tiryatasa

Publish by: Universitas Sultan Ageng Tiryatasa

Address : Jl. Raya Palka No.Km 3, Panancangan, Kec. Cipocok Jaya, Serang, Banten 42124, Indonesia

Lisensi Creative Commons

Tirtayasa Medical Journal (E-ISSN 2809-5111) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. Preserved in LOCKSS, through PKP Private LOCKSS Network program.

 View My Stats