Pengaruh Senam Hamil Terhadap Nyeri Punggung Bawah Pada Ibu Hamil Trimester II Dan III

Madinah Munawaroh H, Rahmadhini Rahmadhini

Abstract


Nyeri punggung bawah adalah nyeri di daerah punggung antara sudut bawah kosta (tulang rusuk) sampai lumbosakral (sekitar tulang ekor). Nyeri punggung bawah pada wanita hamil berkaitan dengan peningkatan berat badan akibat pembesaran rahim dan peregangan dari otot penunjang, karena hormon relaksan (hormon yang membuat otot relaksasi dan lemas) yang dihasilkan oleh tubuh. Salah satu cara dalam mengurangi ketidaknyamanan nyeri punggung pada ibu hamil adalah dengan senam hamil. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh senam hamil terhadap nyeri punggung bawah pada ibu hamil trimester II dan III di Desa Ranca Iyuh Kabupaten Tangerang tahun 2022. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan Pre-experimental Design dengan metode One-Group Pretest-Posttest Design. Populasi penelitian ini berjumlah 35 responden ibu hamil trimester II dan III di Desa Ranca Iyuh dan Teknik sampling yang digunakan yaitu Probability Sampling dengan metode Simple Random Sampling sebanyak 15 sampel responden. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa nilai signifikansi t sebesar 0,000 sehingga signifikansi t < 0.05 yang menyatakan H0 ditolak yang berarti ada pengaruh senam hamil terhadap penurunan nyeri punggung bawah pada ibu hamil trimester II dan III. Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada pengaruh penurunan nyeri punggung bawah sebelum melakukan senam hamil dan sesudah melakukan senam hamil. Saran dari penelitian ini bagi tempat penelitian agar dapat terus memberikan wadah khususnya kelas ibu hamil yang didalamnya terdapat senam hamil.


Keywords


Nyeri Punggung Bawah, Senam Hamil

Full Text:

PDF

References


Amphalaza, A. (2019). Pengaruh Senam Hamil Terhadap Penurunan Skala Nyeri Punggung Pada Ibu Hamil Primigravida Trimester Iii Di Semarang Medical Center (Smc) Telogorejo Semarang. Semarang.

Arummega MN, et al. (2022). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Nyeri Punggung Ibu Hamil Trimester III: Literatur Review . Jurnal Ilmiah Kebidanan, 14-20.

Fithriyah, e. a. (2020). Pengaruh Prenatal Massage Terhadap Penurunan Nyeri Punggung Pada Ibu Hamil Trimester III (Di Desa Ceweng, Kecamatan Diwek, Kabupaten Jombang). Jurnal Kebidanan, 36-43.

Gutke A, et al. (2018). The Severity and Impact of Pelvic Girdle Pain and Low-Back Pain in Pregnancy: A Multinational Study. Journal of womans health, 510-518.

Hamdiah, et al. (2020). Pengaruh Senam Hamil Terhadap Nyeri Punggung Ibu Hamil Trimester III Di Klinik Etam Tahun 2019. Indonesia Journal Of Midwifery , 8-12.

Hopipah, S. (2021). Hubungan Senam Hamil Dengan Intensitas Nyeri Punggung Pada Ibu Hamil Di Puskesmas Kuta Bumi Tahun 2020. Nusantara Hasana Journal, 95-101.

Kemenkes RI. (2021). Health Information Systems. Boga Hardhana, S.Si, MM Farida Sibuea, SKM, MSc.PH Winne Widiantini, SKM M, editor. Vol. 48, IT - Information Technology. Jakarta: Kementrian Kesehatan Republik Indonesia.

Notoatmojo, S. (2012). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Nursalam. (2016). Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan, Pendekatan Praktis, Edisi 4. . Jakarta: Salemba Medika.

P, Kristiansson. (2022, Maret 31). Epidemology of Back Pain in Pregnancy. Physical Medicine and Rehabilitation. Retrieved from https://clinicalgate.com/epidemiology-of-back-pain-in-pregnancy/

Riskesdas Banten. (2018). Laporan Provinsi Banten RISKESDAS 2018. Banten: Badan Peneliti dan Pengembangan Kesehatan.

S. Manyozo, et al. (2019). Low Back Pain During Pregnancy: Prevalence, Risk Factors and Association With Daily Activities Among Pregnant Women in Urban Blantyre, Malawi. Malawi Medical Record, 71-76.

Said, S. F. (2022). Penerapan Senam Hamil Terhadap Nyeri Punggung Pada Kehamilan Trimester III Di Wilayah Kerja Puskesmas Ganjar Agung Kota Metro. Jurnal Cendekia Muda, 551-559.

Wati MF, et al. (2022). Pengaruh Masase Effleurage Terhadap Intensitas Nyeri Punggung Bawah Ibu Hamil Trimester III. Fem J Ilm Kebidanan. Femina Jurnal Ilmiah Kebidanan, 25-29.

Yani, T. F. (2014). Panduan Klinis Kehamilan Dan Persalinan. Jogjakarta: D-Medika.

Yunarsih, N. (2017). Hubungan Karakteristik dan Dukungan Keluarga dengan Perilaku Senam Hamil pada Ibu Hamil di Wilayah Banten Girang Kota Serang.




DOI: http://dx.doi.org/10.52742/tmj.v2i1.18967

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Madinah Munawaroh H, Rahmadhini Rahmadhini

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Manage by Faculty of Medicine, Universitas Sultan Ageng Tiryatasa

Publish by: Universitas Sultan Ageng Tiryatasa

Address : Jl. Raya Palka No.Km 3, Panancangan, Kec. Cipocok Jaya, Serang, Banten 42124, Indonesia

Lisensi Creative Commons

Tirtayasa Medical Journal (E-ISSN 2809-5111) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. Preserved in LOCKSS, through PKP Private LOCKSS Network program.

 View My Stats