Gambaran Kemampuan Refleksi Pembelajaran Mahasiswa Baru Program Studi Kedokteran Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Ade Ichwan Sulthany, Erni Trisnasari

Abstract


Refleksi diri merupakan proses pembelajaran aktif yang melibatkan pengalaman. Kemampuan refleksi diri diperlukan oleh mahasiswa untuk pencapaian kompetensi dan penerapan belajar sepanjang hayat. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kemampuan refleksi diri mahasiswa baru Program Studi Kedokteran. Suatu studi observasi tugas refleksi diri mahasiswa yang melibatkan 45 responden mahasiswa baru Program Studi Kedokteran Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Hasil penelitian ditemukan dari penelitian terbanyak berjenis kelamin perempuan (71,11%) dan laki-laki (28,88%). Kamampuan melakukan analisis pengalaman yang direfleksikan memiliki kemampuan terbanyak pada kategori cukup (63,66%), diikuti kategori maksimal (22,22%) dan minimal (11,11%). Kemampuan dalam mengampil pelajaran dari pengalaman yang direflesikan terbanyak pada kategori minimal (53,33%), cukup (28,89%) dan maksimal (17,78%).  Kemampuan membuat perencanaan dari pengalaman yang direfleksikan terbanyak pada kategori minimal (46,67%), cukup (33,33%) dan maksimal (20%). Simpulan penelitian ini ialah kemampuan refleksi diri pada mahasiswa baru kedokteran Angkatan 2022 ialah kemampuan menganalisis pengalaman pada kategori cukup, mengambil pelajaran dari pengalaman dan kemampuan merencanakan tindak lanjut kategori minimal

Keywords


Refleksi Diri, Mahasiswa Baru, Program Studi Kedokteran

Full Text:

PDF

References


Anantasari, M. L. (2012). Model refleksi Graham GIBBS untuk mengembangkan religiiusitas. Jurnal Teologi, 1(2), 195-207.

Artioli, G., Deiana, L., De Vincenzo, F., et.al. (2021) Health professionals and students’ experiences of reflective writing in learning: A qualitative meta-synthesis. BMC Medical Education, 21 (394), 1-14

Arumugam, B., Narayanan, V., Kathiravan, V., et.al. (2017). Reflective writing – how a medical student can reflect?. Journal of Education Technology in Health Sciences, 4(2), 47-53.

Chan, C. K. Y & Lee, K. K. W. (2021). Reflection literacy: A multilevel perspective on the challenges of using reflections in higher education through a comprehensive literature review. Educational Research Review. 32, https://doi.org/10.1016/j.edurev.2020.100376.

David, B., Keogh, R., Walker, D. (1996). Reflection: Tirning Experience into Learning. USA : Nichols Publishing Company.

Jenihansen, R. (2022). Wanita Cenderung lebih Unggul dalam kasih sayang dan refleksi. National Geographic Indonesia. National Geographic Indonesia. https://nationalgeographic.grid.id/read/133130746/wanita-cenderung-lebih-unggul-dalam-kasih-sayang-dan-refleksi-diri?page=all

Kolb, D. A., & Fry. (1975). Toward an applied theory of experiential learning. In C.Cooper (ed.) Theories of Group Process. London : John Wiley

Lara, S. (2016). Reflecting on reflection: A medical student’s perspective. Academic Medicine. 91(9), 1190-1191

Ritumga, I.. Rambung, E. (2020). Reflection to guide medical students’ self-introspection and development: a qualitative report. Jurnal Pendidikan Kedokteran Indonesia, 9(1), 52-59

Winkel, A. F., Yingling, S., Jones, A. A., Nicholson, J. (2017). Reflection as a learning tool in graduate medical education: A systematic review, 9(4), 430-439.




DOI: http://dx.doi.org/10.52742/tmj.v2i2.19719

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Ade Ichwan Sulthany, Erni Trisnasari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Manage by Faculty of Medicine, Universitas Sultan Ageng Tiryatasa

Publish by: Universitas Sultan Ageng Tiryatasa

Address : Jl. Raya Palka No.Km 3, Panancangan, Kec. Cipocok Jaya, Serang, Banten 42124, Indonesia

Lisensi Creative Commons

Tirtayasa Medical Journal (E-ISSN 2809-5111) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. Preserved in LOCKSS, through PKP Private LOCKSS Network program.

 View My Stats