Systematic Literature Review: Dampak Sertifikasi Guru terhadap Kesejahteraan dan Pengembangan Profesional

Ahmad Doni, Ade Dwi Putra Janata

Abstract


Sertifikasi guru adalah proses yang bertujuan meningkatkan profesionalisme, kompetensi, dan kesejahteraan guru melalui pengakuan formal terhadap status profesional mereka. Penelitian ini menggunakan pendekatan Systematic Literature Review (SLR) untuk menganalisis 10 artikel relevan mengenai dampak sertifikasi guru terhadap kesejahteraan dan pengembangan profesional di Indonesia. Hasil analisis menunjukkan bahwa sertifikasi guru memberikan dampak positif signifikan, terutama dalam hal peningkatan kompetensi profesional, kemampuan manajerial, dan kesejahteraan melalui tunjangan profesi. Namun, penelitian juga mengungkapkan tantangan implementasi, seperti distribusi tunjangan yang tidak merata, orientasi pada insentif finansial, dan kurangnya pelatihan pendukung. Studi ini menyimpulkan bahwa sertifikasi guru memiliki potensi besar dalam meningkatkan kualitas pendidikan jika diintegrasikan dengan kebijakan yang komprehensif, pelatihan berkelanjutan, dan strategi motivasi yang efektif. Temuan ini menekankan pentingnya pendekatan holistik untuk memastikan tujuan sertifikasi tercapai secara optimal.


Full Text:

PDF 52-58

References


UU No. 14 Tahun 2005 tentang guru dan dosen pasal 1, “UU 14-2005 Guru dan Dosen.pdf.”

L. Latiana, “Peran Sertifikasi Guru Dalam Meningkatkan Profesionalisme Pendidik,” Edukasi, vol. 1, no. 3, pp. 1–16, 2019.

N. Ihwani, Y. Arafat, and A. A. Setiawan, “Pengaruh Sertifikasi dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru,” Cahaya Pendidikan, vol. 7, no. 1, pp. 12–24, 2021, doi: 10.33373/chypend.v7i1.2797.

M. S. Nawawi, “Pengaruh Sertifikasi Guru Terhadap Kompetensi, Motivasi dan Kesejahteraan Guru, Serta Pengaruh Ketiganya Terhadap Kinerja Guru (Suatu Kajian Studi Literatur Review Ilmu Manajemen Sumber Daya Manusia dan Manajemen Keuangan),” Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial, vol. 3, no. 1, pp. 323–336, 2022.

M. Munawir, A. N. Aisyah, and I. Rofi’ah, “Peningkatan Kemampuan Guru Melalui Sertifikasi,” Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, vol. 7, no. 2, pp. 324–329, 2022, doi: 10.29303/jipp.v7i2.360.

F. Mansir, “Kesejahteraan Dan Kualitas Guru Sebagai Ujung Tombak Pendidikan Nasional Era Digital,” Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, vol. 8, no. 2, p. 293, 2020, doi: 10.36841/pgsdunars.v8i2.829.

D. Istiningsih, A. Mopangga, A. Rahmat, and ..., “Pengaruh Kesejahteraan Motivasi Kerja Dan Kepemimpinan Kepala Tk Terhadap Kinerja Pendidik Di Kecamatan Tabongo Kabupaten …,” E-Prosiding …, no. September, pp. 101–110, 2020.

S. F. Syarif and A. D. P. Janata, “Transformasi Pendidikan Vokasional: Strategi Peningkatan Kompetensi Guru SMK melalui Teknologi di Era Revolusi Industri 4.0,” in The 3Rd Vocational Education National Seminar (VENS), Serang: Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Dec. 2024, pp. 43–46. Accessed: Dec. 08, 2024. [Online]. Available: https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/VENS/article/view/30100

M. Muizzuddin, “Pengembangan Profesionalisme Guru dan Peningkatan Kualitas Pembelajaran,” Jurnal Kependidikan, vol. 7, no. 1, pp. 127–140, 2019, doi: 10.24090/jk.v7i1.2957.

E. Triandini, S. Jayanatha, A. Indrawan, G. Werla Putra, and B. Iswara, “Metode Systematic Literature Review untuk Identifikasi Platform dan Metode Pengembangan Sistem Informasi di Indonesia,” Indonesian Journal of Information Systems, vol. 1, no. 2, p. 63, 2019, doi: 10.24002/ijis.v1i2.1916.

M. A. Juniardi and S. Yuniati, “Pengaruh Sertifikasi Guru Terhadap Kompetensi Profesional Dan Kinerja Guru,” Guruku: Jurnal Pendidikan Profesi Guru, vol. 3, no. 1, pp. 59–68, Jun. 2024, doi: https://doi.org/10.19109/5z6j7n26.

M. Haslina et al., “Pengaruh Tunjangan Sertifikasi dan Motivasi Berprestasi Terhadap Kinerja Guru,” Jurnal Pendidikan Tambusai, vol. 4, no. 2, 2020.

S. Julia, “Dampak Sertifikasi Guru Terhadap Kualitas Pendidikan di Indonesia,” vol. 1, 2023, doi: https://doi.org/10.31219/osf.io/3nsut.

M. Daheri, P. J. Pattiasina, N. Saputra, N. M. Nurdiansyah, and L. Uzlifah, “Pengaruh Reward Dan Punishment Terhadap Profesionalisme Guru,” Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, vol. 3, no. 4, pp. 388–397, Feb. 2023, doi: 10.31538/munaddhomah.v3i4.304.

Tamrin, Miarti, and Supardi, “Peranan Pelatihan Dan Kompetensi Guru Terhadap Tingkat Kelulusan Sertifikasi Guru,” Management Studies and Entrepreneurship Journal, vol. 4, no. 2, pp. 1229–1230, 2023, doi: https://doi.org/10.37385/msej.v4i2.1679.

F. Ristianey, E. Harapan, and Destiniar, “Pengaruh Sertifikasi Guru Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru,” JMKSP: Jurnal Manajemen, Kepemimpinan dan Supervisi Pendidikan, vol. 6, no. 1, p. 2021, 2021.

B. P. Sakti, “Upaya Peningkatan Guru Profesional Dalam Menghadapi Pendidikan Di Era Globalisasi,” Attadib Journal of Elementary Education, vol. 4, no. 1, pp. 74–81, Jun. 2020, [Online]. Available: https://www.jurnalfai-uikabogor.org/index.php/attadib/issue/view/52

I. Andriani, Y. Arafat, and Mulyadi, “Pengaruh Sertifikasi Guru dan Motivasi Kerja Guru Terhadap Kinerja Guru,” Jurnal Pendidikan Tambusai, vol. 5, no. 1, 2021.

E. Setyanti, “Pengaruh Kompetensi dan Motivasi Berprestasi terhadap Kinerja Guru yang Bersertifikasi,” Jurnal Pendidikan Agama Kristen, vol. 1, no. 1, pp. 60–77, 2020, [Online]. Available: http://sttikat.ac.id/e-journal/index.php/sikip

E. Sugiono1, A. Wulandari2, O. Mandacan3, and U. N. Jakarta, “Analisis pengaruh kompetensi, dan sertifikasi terhadap kinerja guru yang dimediasi motivasi pada guru SMK se Kabupaten Manokwari,” Fair Value : Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Keuangan, vol. 4, no. 5, 2022, [Online]. Available: https://journal.ikopin.ac.id/index.php/fairvalue


Refbacks

  • There are currently no refbacks.