IMPLEMENTASI MULTIMEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI BERBASIS MACROMEDIA FLASH 8 UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMAN 5 BAJO SULAWESI-SELATAN

Irwanto Irwanto, Endi Permata, Irwani Irwani, Marliah Marliah

Abstract


Penelitian tindakan kelas bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar siswa menggunakan multimedia pembelajaran biologi berbasis Macromedia Flash 8 pada pokok bahasan sistem reproduksi manusia. Subyek penelitian ini adalah siswa-siswi kelas 2IPA 1 semester 1Tahun Pelajaran 2018/2019, dengan jumlah 36 siswa, yang terdiri dari 26 siswa perempuan dan 10siswa laki-laki. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan metode observasi, angketdan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan implementasi multimedia pembelajaran biologi berbasis Macromedia Flash 8 sebagai media pembelajaran dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Hal ini ditandai dengan meningkatnya nilai rata-rata persentase motivasi belajar siswa pada setiap siklus. Sebelum pemanfaatan media pembelajaran biologi berbasis Macromedia Flash 8 persentase motivasi belajar siswa 50,21%. Setelah memanfaatkan media pembelajaran biologi berbasis Macromedia Flash 8 pada siklus I meningkat menjadi 71,26% dan pada siklus II meningkat menjadi 89,23%. Jadi media pembelajaran biologi berbasis Macromedia Flash 8 dapat digunakan sebagai salah satu alat bantu dalam proses pembelajaran guna meningkatkan motivasi belajar siswa. Sebaiknya guru dalam melaksanakan proses pembelajaran biologi menggunakan metode dan media pembelajaran yang variatif serta disesuaikan dengan kondisi siswa maupun materi yang diajarkan, sehingga siswa menjadi tertarik sehingga dapat meningkatkan motivasi belajar biologi.


Keywords


implementasi, macromedia flash 8, multimedia, motivasi belajar

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30870/biodidaktika.v16i1.10738

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 BIODIDAKTIKA: JURNAL BIOLOGI DAN PEMBELAJARANNYA