PENGARUH JURNAL BELAJAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA KELAS XI SMAN 1 ANYER PADA MATERI SISTEM REPRODUKSI

Yola Wulandara, Mila Ermila Hendriyani, Ika Rifqiawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh jurnal belajar tehadap motivasi belajar dan kemampuan kognitif siswa pada materi sistem reproduksi. Metode yang digunakan yaitu kuasi eksprimen dengan desain randomized control group pretest-pascatest design.Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Anyar tahun pelajaran 2017/2018 dengan kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan XI IPA 5 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkandataadalah angket motivasi belajar, soal tes objektif, jurnal belajar, dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran. Nilai rata-rata jurnal belajar siswa yaitu 73,43.Nilai rata-rata motivasi belajar kelas kontrol dan eksperimen secara berurut yaitu 62,84 dan 76.Nilai rata-rata kemampuan kognitif siswa kelas kontrol dan eksperimen secara berurut yaitu 64 dan 80. Hasil uji t diperoleh nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh jurnal belajar terhadap motivasi belajar dan kemampuan kognitif siswa.


Keywords


jurnal belajar, kemampuan kognitif, motivasi belajar

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30870/biodidaktika.v16i1.10786

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 BIODIDAKTIKA: JURNAL BIOLOGI DAN PEMBELAJARANNYA