BUKLET PEMANFAATAN MELINJO UNTUK MENUNJANG PEMBELAJARAN BERBASIS POTENSI LOKAL

Indria Wahyuni, Evi Amelia, Madda Mawaddah, Pipit Marianingsih

Abstract


Pengembangan pembelajaran berbasis potensi lokal diperlukan untuk penerapan prinsip diversifikasi pembelajaran sesuai dengan potensi daerah. Potensi lokal yang dimaksud berupa sumber daya alam, manusia, maupun ekonomi. Kelimpahan dan pemanfaatan melinjo (Gnetum gnemon) di Banten merupakan sumber daya flora yang dapat dimanfaatkan sebagai konten pembelajaran berbasis potensi lokal. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa buklet pemanfaatan melinjo di Banten untuk menunjang pembelajaran berbasis potensi lokal. Research and development (R&D) digunakan sebagai metode dalam peneliitian ini, dengan tahapan analisis potensi dan masalah; pengumpulan data; desain produk; validasi ahli; dan revisi produk. Berdasarkan hasil penilaian uji ahli, diperoleh nilai sebesar 87,1% untuk aspek materi dan 92,5% untuk aspek media. Hasil tersebut menunjukkan produk yang dikembangkan yaitu buklet pemanfaatan melinjo di Banten sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran berbasis potensi lokal.


Keywords


Banten, buklet, media pembelajaran, melinjo, potensi lokal

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30870/biodidaktika.v16i1.10788

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 BIODIDAKTIKA: JURNAL BIOLOGI DAN PEMBELAJARANNYA