MENINGKATKAN KREATIVITAS PESERTA DIDIK DENGAN MODEL PEMBELAJARAN WIMBA

Riska Amelia Ayunigtyas, Purwati Kuswarini Suprapto, Dea Diella

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kreativitas peserta didik dengan model pembelajaran wimba pada materi jaringan tumbuhan di kelas XI MIPA salah satu SMA Negeri yang berada di Kota Tasikmalaya. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Agustus 2019 sampai dengan bulan September 2019. Metode penelitian yang digunakan adalah true experimental dengan desain penelitian pretest posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini seluruh kelas XI MIPA pada tahun ajaran 2019/2020. Sampel yang digunakan sebanyak dua kelas yang dipakai dengan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data berupa tes kreatif TCIA yang dilakukan sebelum dan sesudah kegiatan proses pembelajaran berlangsung. Instrumen yang digunakan adalah tes kretaif TCIA pada materi jaringan tumbuhan sebanyak 7 soal kreatif figural tipe TCIA. Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan uji anacova. Dengan model pembelajaran wimba peserta didik dapat membuat 3D-Clay dengan menggunakan playdough sehingga meningkatkan kreatifitas peserta didik mengenai materi jaringan tumbuhan. Sehingga berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan kreativitas  model pembelajaran wimba pada materi jaringan tumbuhan.


Keywords


Berpikir Kreatif, Jaringan Tumbuhan, Wimba

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30870/biodidaktika.v16i2.12860

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 BIODIDAKTIKA: JURNAL BIOLOGI DAN PEMBELAJARANNYA