IMPLEMENTASI APLIKASI QUIZIZZ PADA MATERI JARINGAN TUMBUHAN

Ambar Ismara Mula Darisman, Purwati Kuswarini Suprapto, Rinaldi Rizal Putra

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh aplikasi Quizizz terhadap hasil belajar peserta didik pada materi jaringan pada tumbuhan di kelas XI MIPA salah satu SMA berada di perbatasan Kabupaten Garut. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Agustus 2019 sampai dengan bulan September 2019. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experimental dengan desain penelitian Nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI MIPA pada tahun 2019-2020. Sampel yang digunakan sebanyak dua kelas yang diambil dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data berupa tes hasil belajar yang dilakukan sebelum dan sesudah kegiatan proses pembelajaran berlangsung. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar pada materi jaringan tumbuhan sebanyak 35 soal pilihan majemuk yang diberikan melalui aplikasi quiziz dikerjakan menggunakan gawai secara daring. Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan uji t. Pada penelitian ini ditemukan peningkatan pada aspek kognitif terutama pada jenjang menganalisis, peningkatan ini terjadi karena aplikasi ini dikombinasikan dengan kegiatan praktikum. Selain itu, kebiasaan mencontek peserta didik dapat diminimalkan karena peserta didik terbiasa mengerjakan soal menggunakan aplikasi ini dengan randomisasi. Sehingga berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh Aplikasi Quizizz terhadap hasil belajar peserta didik pada materi jaringan tumbuhan.


Keywords


Aplikasi Quizizz; hasil belajar; jaringan tumbuhan

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30870/biodidaktika.v16i2.12861

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 BIODIDAKTIKA: JURNAL BIOLOGI DAN PEMBELAJARANNYA