PENERAPAN PENDEKATAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI POKOK BAHASAN SISTEM EKSKRESI PADA SISWA KELAS XI SEMESTER GENAP SMA NEGERI 1 MALINGPING TAHUN PELAJARAN 2018/2019
Abstract
Harapan dari seorang guru adalah siswa dapat mengalami proses belajar yang benar, juga berhasil mencapai suatu kompetensi yang menjadi target pembelajaran. Harapan yang demikian itu nyata belum bisa dipenuhi oleh seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Malingping Tahun Pelajaran 2018/2019. Proses pembelajaran yang ditempuh hampir seluruh siswa tidak lebih kurang dari sekedar mendengar uraian ceramah yang disampaikan oleh guru. Konsep belajar seperti ini tampaknya bersifat searah dan atau monoton. Kejadian tersebut tidak boleh berlarut-larut, untuk mengatasi hal tersebut, peneliti mengadakan penelitian tindakan kelas pada proses pembelajaran Biologi di kelas XI SMA Negeri 1 Malingping Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklusnya terdapat dua pertemuan. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, tes dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik desktiftif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan Discovery Learning pada pembelajaran Biologi terbukti mampu meningkatkan aktivitas belajar siswa. Hal tersebut terindikasi dari peningkatan aktivitas siswa menunjukkan perolehan pada studi awal hanya 5 siswa atau 15,38%, naik menjadi 15 siswa atau 46,88% pada siklus pertama, dan serta 100% pada siklus ke dua, serta meningkatkan hasil dan ketuntasan belajar siswa dari rata-rata pada studi awal 56,25% atau 18 siswa pada siklus pertama, 28 siswa atau (87,50%) pada siklus kedua tetapi masih ada 4 siswa atau (12,50%) yang belum tuntas belajarnya namun kriteria keberhasilan telah tercapai sehingga proses perbaikan dinyatakan selesai pada siklus kedua dan kepada siswa yang belum tuntas akan diberikan program remedial.
Keywords
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.30870/biodidaktika.v16i2.12865
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 BIODIDAKTIKA: JURNAL BIOLOGI DAN PEMBELAJARANNYA