PENGEMBANGAN MODUL BIOLOGI MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan modul pencemaran lingkungan untuk meningkatkan ketrampilan proses sains dan kemampuan berpikir ktitis dan untuk mengetahui keefektifan modul. Lokasi penelitian adalah MTs Nurul Iman Probolinggo, dimana untuk populasi target dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII Tahun Pelajaran 2020-2021. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pengembangan (development research) yang digunakan untuk membuat dan menghasilkan sebuah produk tertentu sekaligus menguji keefektivan produk tersebut, untuk prosedur penelitian pengembangan ini menggunakan model Borg and Gall, kemudian untuk Uji kelayakan modul pembelajaran dalam penelitian ini dilakukan dengan cara melakukan uji coba lapangan awal, melakukan uji coba lapangan utama dan melakukan uji coba lapangan operasional dan untuk Instrument yang digunakan dalam penelitian ini yaitu untuk mengumpulkan data menggunakan instrument angket dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul pencemaran lingkungan sangat layak untuk diterapkan. Kelayakan berdasarkan penilaian dari ahli, praktisi dan respon siswa secara keseluruhan memberikan kategori sangat baik, kemudian juga modul yang dikembangkan efektif meningkatkan keterampilan proses sains dengan peningkatan dari gain score 0,78 (tinggi) dan peningkatan kemampuan berpikir kritis dari gain score 0,76 (tinggi).
Keywords
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.30870/biodidaktika.v16i2.12867
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 BIODIDAKTIKA: JURNAL BIOLOGI DAN PEMBELAJARANNYA