PENINGKATAN KESADARAN LINGKUNGAN DAN SIKAP KONSERVASI SISWA SMA NEGERI 1 ANYER MELALUI PROGRAM SEKOLAH RISET

Suroso Mukti Leksono, Mahrawi Mahrawi, Dasma Dasma, Siti Nurhapipah

Abstract


Pembelajaran berbasis riset merupakan petunjuk dari suatu sistem dimana menggunakan pembelajaran yang autentik, dengan penyelesaian masalah, pembelajaran bersama (kelompok), proses kegiatan yang memerlukan pemikiran serta tindakan langsung, dan penemuan dari hasil rasa ingin tau, yang berdasarkan filosofi konstruktivisme. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peningkatan sikap kesadaran lingkungan dan sikap konservasi siswa melalui program sekolah riset. Pemecahan permasalahan sikap kesadaran lingkungan dan koservasi dilakukan dengan beberapa pendekatan yang dilakukan secara bersama sama yaitu, pertama, Penyuluhan mengenai program sekolah riset. Kedua, yaitu Komprehensif, seluruh kegiatan pengabdian masyarakat dilakukan secara serentak terkait dengan peningkatan kesadaran lingkungan dan sikap konservasi yang dilakukan melalui penyuluhan. Selanjutnya kedua metode di atas diimlementasikan dalam tiga tahapan yaitu sosialisasi, penyuluhan, monitoring dan evaluasi. Hasil dari penelitian ini yaitu, pertama, peningkatan sikap kesadaran lingkungan dan sikap konservasi melalui pembelajaran di kelas yang telah diintegrasikan dengan materi pendidikan lingkungan hidup yang dikemas dalam konsep pembelajaran berbasis riset. Kedua, pembinaan kesadaran lingkungan dan sikap konservasi ditumbuhkan dengan kegiatan-kegiatan mini riset seperti pembelajaran di lingkungan secara langsung.


Keywords


Kesadaran Lingkungan, Konservasi, Sekolah Riset.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30870/biodidaktika.v16i2.12871

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 BIODIDAKTIKA: JURNAL BIOLOGI DAN PEMBELAJARANNYA