ANALISIS JENIS PERTANYAAN PESERTA DIDIK SMA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI KONSEP SISTEM PENCERNAAN
Abstract
Pertanyaan merupakan hal yang penting dalm pembelajaran, diantaranya dapat menunjukkan keaktifan peserta didik dan interaksi dua arah antara guru dan peserta didik. Namun, berdasarkan hasil observasi, peserta didik masih belum terstimulus untuk bertanya (pasif). Oleh karenanya, perlu salusi untuk menstimulus peserta didik untuk bertanya. Salah satunya adalah dengan menerapkan problem posing. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis jenis pertanyaan peserta didik SMA menggunakan model pembelajaran Problem Posing pada Pembelajaran Biologi Konsep Sistem Pencernaan. Adapun sampel pada penelitian ini adalah kelas XI MIPA 3 MAN 4 Bogor. Pendekatan yang dilakukan adalah kualitatif dengan menggunakan instrumen lembar observasi. Jenis pertanyaan dinalisis dan dikelompokkan berdasarkan Taksonomi Bloom Revisi. Hasil penelitian ini adalah jenis pertanyaan yang diajukan peserta didik lebih banyak yang menyampaikan pertanyaan secara tertulis dibanding secara lisan. Analsis jenis pertanyaan yang diajukan peserta didik berdasarkan Taksonomi Bloom Revisi secara keseluruhan masih tergolong pertanyaan dengan level kognitif rendah yaitu peserta didik hanya memberikan pertanyaan level kognitif C1, C2, C3, dan C4 yang didominasi dengan pertanyaan level kognitif C1 (56,25%).
Keywords
Pertanyaan, Problem posing, Taksonomi Bloom
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.30870/biodidaktika.v17i1.16100
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 BIODIDAKTIKA: JURNAL BIOLOGI DAN PEMBELAJARANNYA