PENGGUNAAN MEDIA PERMAINAN EDUKASI DALAM PEMBELAJARAN KELANGSUNGAN HIDUP ORGANISME

Humaeroh Humaeroh, Anis Fauzi

Abstract


Pembelajaran konsep kelangsungan hidup organisme membutuhkan media yang nyata, karena berhubungan dengan perbandingan strukur fisik, fungsi dari ciri makhluk hidup. Media tersebut dapat berupa sebuah kartu bergambar yang disajikan dalam bentuk media permainan edukasi. Diharapkan media permainan edukasi ini dapat menstimulasikan siswa agar lebih memahami konsep kelangsungan hidup organisme. Berdasarkan latar belakang di atas, penelitian ini bertujuan untuk memahami penggunaan media permainan edukasi dalam pembelajaran konsep kelangsungan hidup organisme, serta mengetahui respon siswa tentang penggunaan media permainan edukasi dalam pembelajaran konsep kelangsungan hidup organisme. Metode penelitian yang digunakan yaitu quasi eksperimen. Karena dalam penelitian ini terdapat variabel yang tidak dapat dikontrol dengan baik. Desain penelitian yang digunakan adalah Nonrandomized Control Group Pretest-postest design. Dalam desain ini, dua kelompok terlebih dahulu diberikan tes awal (pretest). Lalu pada kelompok eksperimen diberikan perlakuan, kemudian dilakukan pengukuran di akhir pembelajaran (postest).Berdasarkan hasil penelitian di SMP Negeri 11 Kota Serang pada kelas IX dengan media permainan edukasi disimpulkan bahwa penggunaan media permainan edukasi dapat meningkatkan kemampuan kognitif siswa pada konsep kelangsungan hidup organisme, serta respon siswa tentangpenggunaan media permainan edukasi termasuk dalam kriteria sangat berminat dengan hasil 54 %.

Keywords


media pembelajaran, permainan edukasi, kelangsungan hidup organisme

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30870/biodidaktika.v17i1.16102

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 BIODIDAKTIKA: JURNAL BIOLOGI DAN PEMBELAJARANNYA