Peningkatan Hasil Belajar Biologi Peserta Didik SMA dengan Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning

Ultri Asih Nur'aini, Rahmawati Darusyamsu

Abstract


Belajar adalah proses interaksi yang memungkinkan peserta didik menemukan pengetahuan baru. Proses pembelajaran berhubungan erat dengan suatu model pembelajaran. Peneliti melakukan Penelitian bertujuan untuk melihat peningkatan hasil belajar peserta didik SMA dengan penerapan model pembelajaran discovery learning. Peneliti menggunakan jenis penelitian kelompok. Populasi yang diambil adalah seluruh peserta didik kelas X MIA SMAN 1 Painan. Sampel yang diambil dalam penelitian adalah 2 kelas yaitu sebagai kelas eksperimen yang diajarkan dengan model pembelajaran discovery learning dan kelas kontrol yang diajarkan dengan model pembelajaran ceramah dan diskusi. Data diperoleh dari tes soal sebanyak 30 soal pilihan ganda yang sebelumnya sudah di validasi dan di reliabilitasi. Penelitian yang dilakukan memperoleh hasil bahwa terjadi peningkatan hasil belajar biologi peserta didik SMA dengan penerapan model pembelajaran discovery learning.

Keywords


Hasil belajar, model pembelajaran, Discovery learning

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30870/biodidaktika.v17i1.16105

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 BIODIDAKTIKA: JURNAL BIOLOGI DAN PEMBELAJARANNYA