PENYUSUNAN BAHAN AJAR BERUP[A MODUL BERBASIS KONTEKSTUAL PADA KONSEP KEANEKARAGAMAN HAYATI UNTUK SISWA KELAS X

Ari Cahyani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul pembelajaran berbasis kontekstual pada konsep keanekaragaman hayati untuk SMA kelas X dan mengetahui kualitas modul pembelajaran berdasarkan penilaian uji ahli. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (R & D) dengan model 3D (define, design, dan develop). Modul pembelajaran yang disusun sudah mengembangkan komponen kontekstual, yakni kontruktivisme, menemukan, bertanya, masyarakat belajar, pemodelan, refleksi dan penilaian sebenarnya. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket penilaian untuk uji kualitas modul. Instrumen penilaian uji kualitas modul terdiri dari enam aspek yakni materi, komponen kontekstual, evaluasi, penyajian, bahasa, dan kegrafikaan. Instrumen penilaian menggunakan skala penilaian 1 sampai 5. Uji kualitas modul dilakukan oleh dua orang dosen jurusan Pendidikan Biologi UNTIRTA dan tiga orang guru biologi SMA. Teknik pengolahan data dilakukan secara kuantitatif dan nilai yang diperoleh diinterprestasikan kedalam kriteria penilaian uji kualitas modul. Berdasarkan hasil uji kualitas modul, modul pembelajaran keanekaragaman hayati berbasis kontekstual memperoleh nilai rata-rata 87% dari skor maksimal 100% yang termasuk kategori Sangat Layak.

Keywords


Bahan Ajar, Modul berbasis Kontekstual, Keanekaragaman Hayati

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30870/biodidaktika.v17i1.16113

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 BIODIDAKTIKA: JURNAL BIOLOGI DAN PEMBELAJARANNYA