Pengembangan Modul Elektronik (E-Modul) Berbasis Smartphone tentang Materi Sistem Ekskresi pada Manusia untuk Peserta Didik Kelas XI SMA

Khadijah Rambe, Ristiono Ristiono

Abstract


Latar belakang penelitian ini adalah perkembangan teknologi informasi yang sangat pesat sekarang ini membawa dampak perubahan terhadap dunia pendidikan. Para pendidik diharuskan dapat menggunakan alat-alat teknologi untuk dimanfaatkan menjadi media pembelajaran. Satu media pembelajaran yang dapat dibuat dengan memanfaatkan peralatan teknologi adalah bahan ajar berupa modul elektronik (e-modul). Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-modul berbasis smartphone tentang materi sistem ekskresi pada manusia yang valid dan praktis. Emodul tersebut divalidasi oleh 2 orang dosen Jurusan Biologi FMIPA UNP dan 1 orang guru Biologi di SMA Adabiah 2 Padang. Uji kepraktisan dilakukan oleh 1 orang guru biologi dan 30 orang peserta didik Kelas XI di SMA Adabiah 2 Padang. Penelitian ini memiliki data primer dari angket yang diisi oleh dosen, guru, dan peserta didik. E-modul yang dikembangkan menggunakan 3 tahap dari model 4-D yaitu, tahap pendifinisian, perancangan, dan pengembangan. Emodul yang dikembangkan memperoleh nilai validitas sebesar 89,18% dengan kriteria valid, kepraktisan oleh guru sebesar 93,83% dengan kriteria sangat praktis, kepraktisan oleh peserta didik 90,71% dengan kriteria sangat praktis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa e-modul berbasis smartphone valid dan sangat praktis digunakan untuk pembelajaran.

Keywords


E-modul, Berbasis Smartphone, Sistem Ekskresi pada Manusi

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30870/biodidaktika.v17i2.16492

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 BIODIDAKTIKA: JURNAL BIOLOGI DAN PEMBELAJARANNYA