EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII SMPN 22 KOTA SERANG

Ari Cahyani, Syadeli Hanafi, Lukman Nulhakim

Abstract


Kurangnya pengembangan media belajar disekolah yang memotivasi minat belajar peserta didik berakibat pada rendahnya minat dalam memahami materi sehingga terjadinya penurunan pada hasil belajar peserta didik. Tujuan dilaksanakan penelitian ini untuk menganalisis dan mendeskripsikan efektivitas media pembelajaran berbasis android meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA materi sistem pernapasan pada manusia kelas VIII. Penelitian yang dilaksanakan berupa penelitian pengembangan (R&D) yang menggunakan model 4D (Define, Design, Develop, Desiminate) dengan memberikan instrumen berupa wawancara, angket dan tes. Sampel penelitian yaitu kelas VIII yang berjumlah 31 orang di SMP Negeri 22 Kota Serang Tahun Ajaran 2021/2022. Efektivitas penggunaan media pembelajaran berbasis android terhadap hasil belajar peserta didik dari hasil rekapitulasi nilai pretest dan posttest memperoleh nilai 0,69 atau dipersentasekan dengan nilai 69% yang masuk pada kategori sedang atau cukup efektif.

Keywords


Media Pembelajaran Berbasis Android, Efektivitas, Hasil Belajar

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30870/biodidaktika.v17i2.16495

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 BIODIDAKTIKA: JURNAL BIOLOGI DAN PEMBELAJARANNYA