Pengembangan Media Berbentuk Atlas Jaringan Hewan Berbasis Android untuk Peserta Didik SMA/MA

Vellia Putri Tamira, Ristiono Ristiono

Abstract


Latar belakang dari penelitian ini yaitu kurikulum 2013 SMA mengharuskan peserta didik untuk memiliki kompetensi dasar dalam pembelajaran Biologi. Bentuk kegiatan untuk mengembangkan kompetensi dasar peserta didik, antara lain melalui kegiatan praktikum di laboratorium. Berdasarkan observasi yang dilakukan kepada peserta didik yang telah melaksanakan praktikum jaringan hewan di Kelas XI terdapat kendala yang dialami. Diantara kendala tersebut adalah, objek tidak didapatkan dengan baik atau jaringan hewan yang akan diamati pada mikroskop tidak terlihat jelas, peserta didik kurang terampil menggunakan mikroskop, terdapat beberapa mikroskop dengan lensa objektif yang berjamur, preparat jaringan hewan yang tidak lengkap, serta waktu yang terlalu singkat dalam pengamatan. Semua hal tersebut menjadi faktor yang menyebabkan praktikum dirasa sulit oleh peserta didik. Selain itu, penelitian ini berdasarkan hasil angket yang diberikan kepada seorang Guru Biologi yang menyatakan sebagian peserta didik kurang terampil dalam menggunakan mikroskop serta praktikum jaringan hewan pada pandemi Covid-19 ini tidak dapat dilaksanakan secara langsung di laboratorium. Tujuan yang ingin dicapai pada penelitian ini adalah menghasilkan media pembelajaran berupa atlas jaringan hewan berbasis android untuk peserta didik SMA/MA yang valid dan praktis. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan tiga tahapan dari model 4-D, yaitu tahap pendefenisian (define), tahap perancangan (design), dan tahap pengembangan (develop). Subjek penelitian terdiri dari dua orang dosen Jurusan Biologi FMIPA UNP, satu orang Guru Biologi, dan 25 peserta didik Kelas XI di SMAN 9 Padang. Data penelitian berupa data primer yang terdiri dari data validitas dan praktikalitas. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, dihasilkan produk berupa atlas jaringan hewan berbasis android untuk peserta didik SMA/MA. Hasil validitas memiliki kategori sangat valid dengan nilai rata-rata 3,62. Uji praktikalitas yang dilaksanakan di SMAN 9 Padang kepada guru dan peserta didik didapatkan hasil bahwa produk yang dikembangkan memperoleh nilai 3,47 dengan kategori sangat praktis untuk uji kepada guru dan 3,50 dengan kategori sangat praktis untuk uji yang dilakukan kepada peserta didik. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa atlas jaringan hewan berbasis android untuk peserta didik SMA/MA yang dikembangkan sangat valid dan sangat praktis

Keywords


Atlas berbasis android, Jaringan Hewan

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30870/biodidaktika.v17i2.16499

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 BIODIDAKTIKA: JURNAL BIOLOGI DAN PEMBELAJARANNYA