META ANALISIS MISKONSEPSI BUKU TEKS PELAJARAN BIOLOGI SMA KELAS X
Abstract
Miskonsepsi merupakan ide atau pandangan keliru mengenaisuatu konsep yang tidak sesuaidengan pengertian ilmiah atau pengertian yang diterima oleh para ahli. Penyebab munculnya miskonsepsi dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu: guru, siswa, buku teks, konteks dan metode mengajar. Semua faktor penyebab miskonsepsi tersebut bisa saja terjadi dalam proses pembelajaran. Penelitian ini lebih memfokuskan pada buku teks pelajaran yang bertujuan untuk mengkaji ulang analisis miskonsepsi buku teks pelajaran Biologi SMA Kelas X. Jenis penelitian yang digunakan adalah meta analisis. Penelitian ini dilakukan dengan metode literatur review dengan mengumpulkan artikel yang berkaitan dengan miskonsepsi buku teks pelajaran Biologi SMA Kelas X. Didapatkan 6 artikel yang berkaitan dari 49 artikel miskonsepsi lainnya. Hasil penelitian menunjukkan terjadinya miskonsepsi pada buku teks pelajaran Biologi SMA Kelas X dengan kategori rendah hingga sedang. Materi yang paling banyak ditemukan miskonsepsi yaitu materi Virus sebesar 43,2% miskonsepsi (termasuk kategori miskonsepsi tingkat sedang). Urutan jumlah miskonsepsi berdasarkan buku teks pelajaran yang dianalisis tersebut dari yang terbesar hingga terkecil yaitu: misidentifications, oversimplifications, obsolete concept and terms, undergeneralizations dan overgeneralizations.
Keywords
Miskonsepsi, Buku Teks Biologi Kelas X
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.30870/biodidaktika.v17i2.16500
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 BIODIDAKTIKA: JURNAL BIOLOGI DAN PEMBELAJARANNYA