Analisis Kebutuhan Pengembangan Penilaian Biologi Berbasis Kerangka Quellmalz Pada Materi Jaringan Tumbuhan Untuk Peserta Didik SMA/MA Kelas XI
Abstract
Instrumen dalam bentuk asesmen penalaran sangat jarang digunakan pada penilaian kompetensi peserta didik pada abad 21. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk menghasilkan produk berupa instrumen penilaian biologi menggunakan asesmen penalaran yaitu kerangka Quellmalz tentang materi jaringan tumbuhan untuk peserta didik kelas XI SMA/MA yang valid. Metode penelitian ini menggunakan 4D model yang terdiri atas tahap define dengan menganalisis soal-soal yang digunakan guru di sekolah, tahap design yaitu pemilihan aplikasi yang tepat dalam pengembangan instrumen penilaian, dan tahap development bertujuan untuk menghasilkan instrumen penilaian biologi berbasis kerangka Quellmalz yang valid. Hasil uji validitas pada produk ini berdasarkan hasil validasi 3 orang dosen ahli. Hasil pengembangan instrumen penilaian ini menunjukkan kualitas produk dengan nilai rata-rata 87,41% berada pada kriteria valid. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa instrumen penilaian biologi yang dikembangkan ini sudah valid dan dapat digunakan sebagai salah satu instrumen dalam mengukur kemampuan penalaran peserta didik
Keywords
instrumen penilaian, jaringan tumbuhan, asesmen penalaran, kerangka Quellmalz
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.30870/biodidaktika.v17i2.16502
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 BIODIDAKTIKA: JURNAL BIOLOGI DAN PEMBELAJARANNYA