ANALISIS KEBUTUHAN PENGEMBANGAN MODUL BIOLOGI MENGGUNAKAN PENDEKATAN SAINTIFIK DILENGKAPI KARTU BERGAMBAR PADA MATERI HEWAN INVERTEBRATA UNTUK KELAS X SMA/MA

Zara Latifa, Zulyusri Zulyusri, Yosi Laila Rahmi, Helsa Rahmatika

Abstract


Salah satu media pembelajaran yang bisa digunakan untuk membantu proses pembelajaran adalah modul. Modul dapat membuat peserta didik lebih tertarik untuk mengikuti proses pembelajaran karena mempermudah peserta didik dalam memahami materi dan juga penggunaan modul sebagai media pembelajaran dapat meningkatkan pemahaman peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan pengembangan modul biologi menggunakan pendekatan saintifik dilengkapi kartu bergambar pada materi hewan invertebrata untuk kelas X di SMA Pertiwi 2 Padang. Studi dilakukan dengan menggunakan survei menggunakan angket yang disebarkan kepada 23 orang peserta didik kelas X IPA dan satu orang guru Biologi SMA Pertiwi 2 Padang. Hasil angket menunjukkan bahwa peserta didik membutuhkan sumber bahan ajar pada materi hewan invertebrata. Kriteria bahan ajar yang dibutuhkan oleh peserta didik yaitu materi disajikan lengkap, singkat, padat, jelas, dan disertai gambar yang menarik. Pengembangan modul kartu bergambar sebagai sumber bahan ajar yang dapat mengatasi permasalahan yang dihadapi guru dan peserta didik khususnya pada materi hewan invertebrata.

Keywords


Modul, kartu bergambar, pendekatan saintifik, bahan ajar biologi

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30870/biodidaktika.v17i2.16505

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 BIODIDAKTIKA: JURNAL BIOLOGI DAN PEMBELAJARANNYA