Validitas Soal Tes Biologi Berbasis Kerangka Norris-Ennis Pada Materi Jaringan Hewan Untuk Peserta Didik SMA/MA Kelas XI

Sa'diatul Fuadiyah, Widya Gusti Rahmawati D., Yusni Atifah

Abstract


Kemajuan dan perkembangan abad-21 menuntut peserta didik untuk memiliki keterampilan berpikir kritis untuk membekali diri dalam menghadapi perkembangan era globalisasi. Keterampilan berpikir kritis ini sangat diperlukan dalam proses pembelajaran biologi. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan menghasilkan produk berupa soal tes biologi menggunakan asesmen berpikir kritis yaitu kerangka Norris-Ennis pada materi jaringan hewan untuk peserta didik kelas XI SMA/MA yang valid. Metode penelitian ini menggunakan model 4D yang terdiri atas tahap define dengan menganalisis soal-soal yang digunakan guru di sekolah, tahap design dengan pemilihan aplikasi yang tepat dalam pengenmbangan soal tes, dan tahap development yaitu bertujuan untuk menghasilkan soal tes biologi berbasis kerangka Norris-Ennis yang valid. Hasill uji validitas produk ini berdasarkan 3 orang dosen ahli, hasil pengembangan soal tes menunjukkan kualitas produk valid dengan nilai rata-rata 80,13%. Dengan didapatkan kriteria valid berarti dapat disimpulkan bahwa soal tes biologi yang dikembangkan dapat digunakan sebagai salah satu penilaian dalam mengukur keterampilan berpikir kritis peserta didik.

Keywords


soal tes, jaringan hewan, keterampilan berpikir kritis, kerangka Norris-Ennis.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30870/biodidaktika.v17i2.16506

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 BIODIDAKTIKA: JURNAL BIOLOGI DAN PEMBELAJARANNYA