META-ANALISIS MISKONSEPSI SISWA PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI SMA
Abstract
Miskonsepsi merupakan kesalahpahaman siswa terhadap suatu konsep ilmiah. Berdasarkan data dari 5 jurnal yang diteliti menggunakan metode meta-analisis terdapat miskonsepsi siswa pada mata pelajaran biologi ditingkat SMA. Miskonsepsi tertinggi terdapat pada materi pembelahan sel 68.74% dengan kategori tinggi, hal ini dapat terjadi karena siswa kurang tertarik dan merupakan pelajaran yang sulit. Miskonsepsi terendah terjadi pada materi genetika 31.05% dengan kategori sedang, miskonsepsi yang terjadi pada materi ini disebabkan karena diri siswa itu sendiri, bahan ajar dan miskonsepsi pada guru. Data miskonsepsi yang diperoleh menggunakan metode meta-analisis, guru dapat mengetahui konsep yang mengalami miskonsepsi yang paling tinggi sehingga guru dapat memperbaiki atau melakukan remediasi untuk mengatasi miskonsepsi pada siswa.
Keywords
Meta-analisis, Miskonsepsi, Biologi SMA
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.30870/biodidaktika.v17i2.16510
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 BIODIDAKTIKA: JURNAL BIOLOGI DAN PEMBELAJARANNYA