PENGARUH METODE FIELD TRIP DENGAN PEMANFAATAN RUMPON BUATAN TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN SIKAP ILMIAH DI SMP SATU ATAP PULAU TUNDA

Ika Rifqiawati, Indria Wahyuni, Aditya Rahman

Abstract


Abstrak

 

Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh field trip dengan pemanfaatan rumpon buatan terhadap keterampilan proses sains (KPS) dan sikap ilmiah siswa di SMP Satu Atap Pulau Tunda, Kecamatan Tirtayasa, Kabupaten Serang. Penelitian ini merupakan penelitian weak experiment, karena tidak adanya kelas kontrol. Sampel penelitian adalah siswa kelas X SMP Satu Atap Pulau Tunda yang dipilih secara purposive sampling, karena kelas X hanya ada satu kelas saja. Data diperoleh dari soal KPS, lembar observasi KPS dan sikap ilmiah selama pembelajaran, dan lembar wawancara. Hasil uji T menunjukkan nilai signifikansi 0.00 < 0.05, menunjukkan bahwa terdapat pengaruh metode field trip dengan pemanfaatan rumpon buatan terhadap keterampilan proses sains (KPS) dan sikap ilmiah siswa di SMP Satu Atap Pulau Tunda. Aspek KPS yang memiliki persentase tinggi yaitu menggunakan alat dan bahan, dan interpretasi. Sikap ilmiah yang tertinggi yaitu rasa ingin tahu. Saran dari hasil penelitian ini agar KPS dan sikap ilmiah siswa dapat ditingkatkan lagi yaitu dengan cara kepala sekolah serta pemerintah daerah  berperan serta untuk memberikan  pelatihan bagi guru terkait model pembelajaran, KPS, dan sikap ilmiah.

Keywords


Field trip, keterampilan proses sains, sikap ilmiah, dan IPA

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30870/biodidaktika.v12i1.1832

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 BIODIDAKTIKA, JURNAL BIOLOGI DAN PEMBELAJARAN