UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA KONSEP PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN TUMBUHAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRI

Supandi Supandi

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa pada konsep Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan melalui Model Pembelajaran Guided Inquiri kelas XII IPA-3 Semester Ganjil SMAN 1 Malingping Tahun Pelajaran 2017/2018 dan mengetahui respon siswa dalam penerapan model Pembelajaran  Guide Inquiry pada konsep Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Kelas XII IPA-3 Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2017/2018  sebagai refleksi pembelajaran. Pada siklus I rata-rata ketercapaian aspek KPS (Keterampilan Proses Sains) secara keseluruhan setelah dilaksanakan pembelajaran menggunakan model guided inquiry pada sub konsep Pengaruh faktor luar terhadap pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan diperoleh 77,76% dengan ketuntasan belajar mencapai 83,87%. Pada siklus II ketercapaian aspek KPS (Keterampilan Proses Sains) Siswa setelah menerapkan pembelajaran model Guided Inquiry pada sub konsep pengaruh faktor dalam terhadap pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan mencapai rata-rata 82,26% dengan ketuntasan belajar mencapai   ketuntasan ideal yaitu 90%. Penerapan model pembelajaran Guided Inquiry pada konsep Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan dapat memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap Keterampilan Proses Sains (KPS) siswa Kelas XII IPA-3 SMAN 1 Malingping Tahun Pelajaran 2017/2018. Adapun Keterampilan Proses Sains yang mengalami peningkatan yaitu keterampilan observasi, mengajukan pertanyaan, berkomunikasi, menghitung matematika, interpretasi, memprediksi, merencanakan percobaan, menentukan variabel, merumuskan masalah, dan berhipotesis. Peningkatan Keterampilan Proses Sains berada pada katagori sedang. Respon siswa terhadap penerapan Guided Inquiry pada proses pembelajaran konsep Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan positif. Siswa Kelas XII IPA khususnya Kelas XII IPA-3 setuju belajar dengan cara ini menarik, tidak membosankan dan mengajak untuk meningkatkan aktifitas dan berpikir ilmiah. Siswa menjadi paham cara kerja ilmiah.

Keywords


biologi dan pembelajaran biologi

Full Text:

PDF (Indonesian)


DOI: http://dx.doi.org/10.30870/biodidaktika.v14i1.4839

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 BIODIDAKTIKA, JURNAL BIOLOGI DAN PEMBELAJARANNYA