PROFIL MOTIVASI DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS MELALUI PENGGUNAAN RUANG TERBUKA HIJAU SEBAGAI SUMBER BELAJAR PADA SUB KONSEP TINGKAT KEANEKARAGAMAN HAYATI DIKELAS X SMA NEGERI 7 KOTA TANGERANG SELATAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan ruang terbuka hijau terhadap motivasi dan keterampilan berpikir kritis pada Sub Konsep Tingkat Keanekaragaman Hayati dikelas X SMA Negeri 7 Kota Tangerang Selatan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPA 4 SMA Negeri 7 Kota Tangerang Selatan yang berjumlah 45 orang. Teknik pengambilan sempel yang digunakan adalah purposive sampling. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi motivasi, angket respon motivasi dan soal essay posttest. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan bahwa motivasi siswa dari penggunaan ruang terbuka hijau sebagai sumber belajar mencapai nilai rata-rata 76,79 dengan kategori baik, dan keterampilan berpikir siswa dari penggunaan ruang terbuka hijau mencapai nilai rata-rata 68,6 dengan kategori baik.
Keywords
biologi dan pembelajaran biologi
Full Text:
PDF (Indonesian)DOI: http://dx.doi.org/10.30870/biodidaktika.v14i1.4844
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 BIODIDAKTIKA, JURNAL BIOLOGI DAN PEMBELAJARANNYA