UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA DALAM MATERI KEMAGNETAN MELALUI PENERAPAN ALAT PERAGA DI KELAS IX A SMPN 13 KOTA SERANG

Omah Rohmawati

Abstract


Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya nilai hasil pembelajaran siswa dalam mata pelajaran IPA pada materi kemagnetan, hal ini dikarenakan dari strategi pembelajaran yang belum cocok dan kurang menarik bagi siswa sehingga aktivitas serta motivasi siswa untuk mengikuti proses pembelajaran sangat rendah. Oleh karena itu untuk mengatasi hal tersebut dilakukan lah proses pembelajaran dengan menggunakan alat peraga untuk mengaktifkan kembali motivasi dan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui sejauh mana kontribusi pembelajaran dengan menggunakan alat peraga terhadap hasil belajar IPA pada materi kemagnetan. Metode dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan model Penelitian Tindakan Kelas Mc Taggart dan menggunakan 2 siklus yang terdiri dari tahapan perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX A SMPN 13 Kota Serang, sebanyak 33 siswa. Berdasarkan hasil pengolahan data, maka didapatkan hasil penelitian pada  siklus I peningkatannya yaitu sebesar 70 dan siklus II 80. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu bahwa penggunaan alat peraga memiliki kontribusi yang signifikan terhadap hasil belajar IPA materi kemagnetan kelas IX A SMPN 13 Kota Serang. Disarankan kepada peneliti maupun guru diharapkan untuk menggunakan alat peraga dalam pembelajaran IPA pada materi kemagnetan.


Keywords


Alat peraga, hasil belajar IPA

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30870/biodidaktika.v15i1.7825

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 BIODIDAKTIKA: JURNAL BIOLOGI DAN PEMBELAJARANNYA