UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MATERI PEREDARAN DARAH MANUSIA DENGAN MENERAPKAN MODEL KOOPERATIF TIPE TPS (THINK PAIRE SHARE) KELAS VIII A SMPN 13 KOTA SERANG

Tina Kholisoh

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya hasil belajar matematika materi bangun datar.  Kurang tepatnya dalam pemilihan metode dan media pembelajaran, hal ini menyebabkan hasil belajar siswa rendah, sehingga peneliti tertarik untuk menerapkan model pembelajran TPS untuk meningkatkan hasil belajar IPA. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu 1). Apakah penerapan model kooperatif tipe TPS dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada materi peredaran darah manusia di kelas VIII A SMPN 13 Kota Serang, 2). Apakah penerapan model kooperatif tipe TPS dapat meningkatkan aktifitas belajar IPA pada materi peredaran darah manusia di kelas VIII A SMPN 13 Kota Serang. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui sejauh mana penerapan model TPS dapat meningkatkan hasil belajar pada pokok bahasan peredaran darah manusia. Metode dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan model Penelitian Tindakan Kelas Mc Taggart dan menggunakan 2 siklus yang terdiri dari tahapan perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek peneitian ini yaitu seluruh siswa kelas VIII A sebanyak 33 siswa. Berdasarkan hasil pengolahan data, maka didapatkan hasil penelitian pada  siklus I peningkatannya yaitu 70 dan siklus II sebesar 85. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu bahwa penerapan model kooperatif tipe TPS dapat meningkatkan hasil belajar dan aktifitas belajar IPA pada bahasan peredaran darah manusia. Disarankan kepada peneliti maupun guru diharapkan untuk menerapkan TPS dalam pembelajaran IPA.


Keywords


Hasil belajar, koperatif tipe TPS

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30870/biodidaktika.v15i1.7826

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 BIODIDAKTIKA: JURNAL BIOLOGI DAN PEMBELAJARANNYA