PENGARUH PEMBELAJARAN PROYEK MINI RISET TERHADAP KEMAMPUAN MENGANALISIS PERMASALAHAN KONSERVASI LINGKUNGAN

Suroso Mukti Leksono, Shabrina Nur Dini, Bambang Ekanara

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis proyek mini riset terhadap kemampuan menganalisis permasalahan Konservasi lingkungan.  Metode yang digunakan adalah quasi experiment. Subjek penelitian adalah siswa kelas X SMAN 4 Pandeglang yang mengikuti pelajaran biologi tahun ajaran 2017/2018. Instrumen yang digunakan untuk mengukur kemampuan menganalisis masalah konservasi berupa tes uraian, sedangkan analisis data dengan uji beda rata-rata (uji t). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran proyek mini riset berpengaruh positif terhadap kemampuan menganalisis permasalahan Konservasi lingkungan. Hal ini disebabkan karena pada tahapan proses pembelajaran mini riset yang diawali dengan menyiapkan pertanyaan mendasar, mendesain perencanaan proyek, menyusun jadwal kegiatan, memonitoring, menguji hasil dan diakhiri dengan mengevaluasi proyek dapat membekali siswa dalam proeses menganalisis masalah. Sehingga pada akhirnya kemampuan menganalisis yang merupakan proses menghasilkan pengetahuan berupa mampu mengolah data, membedakan fenomena, meramalkan peristiwa, merinci, menguraikan, mencari hubungan dan dapat membuat kesimpulan berdasarkan penyelidikan dapat meningkat.


Keywords


Pembelajaran Mini Riset, KemampuanMenganalisis, Konservasi lingkungan

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30870/biodidaktika.v15i1.8203

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 BIODIDAKTIKA: JURNAL BIOLOGI DAN PEMBELAJARANNYA