Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui PBL Pada Materi Jaringan

Fahriyah Fahmawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar biologi materi jaringan melalui PBL (Problem Based Learning). Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 1 SMAN 1 Tambun Utara yang berjumlah 34 siswa. Data yang dikumpulkan berupa informasi hasil belajar siswa dalam pelajaran biologi materi jaringan. Alat pengumpul data berupa daftar nilai siswa dilakukan dengan teknik tes.  Prosedur penelitian dilakukan dengan prosedur penilaian tindakan kelas menggunakan dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Tiap siklus memiliki 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian ini adalah: pada siklus I, didapatkan nilai terendah pada siswa yaitu sebesar 45 dan nilai tertinggi yaitu 83 dengan rata-rata nilai 70,7, sedangkan pada siklus II didapatkan peningkatan nilai dengan nilai terendah siswa sebesar 75 dan nilai tertinggi sebesar 86 dengan rata-rata nilai 81,2. Hasil penelitian dari siklus I ke siklus II dapat disimpukan bahwa, PBL (Problem Based Learning) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi jaringan siswa kelas XI IPA 1 SMAN 1 Tambun Utara Tahun 2019/2020.


Keywords


Hasil belajar siswa, Problem Based Learning, materi jaringan, Penelitian Tindakan Kelas

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30870/biodidaktika.v15i2.8717

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 BIODIDAKTIKA: JURNAL BIOLOGI DAN PEMBELAJARANNYA