EVALUASI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA MATA KULIAH BIOLOGI UMUM

Iing Dwi Lestari

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tingkat keberhasilan pelaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dan tingkat ketercapaian hasil belajar mahasiswa pada Mata Kuliah Biologi Umum Semester I Tahun Ajaran 2019/2020 di Pendidikan Biologi Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menggunakan model evaluasi kualitas dan output pembelajaran (Model EKOP). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner, pedoman observasi, dan dokumentasi. Hasil analisis diperoleh tingkat keberhasilan pelaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berkategori sangat baik dengan persentase 88% dan tingkat ketercapaian hasil belajar mahasiswa berkategori baik dengan persentase 78%. 


Keywords


Biologi, Evaluasi, Hasil Belajar, Jigsaw

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30870/biodidaktika.v15i2.8718

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 BIODIDAKTIKA: JURNAL BIOLOGI DAN PEMBELAJARANNYA